2011/07/28

Gula Darah Tinggi dan Rendah Bisa Bikin Mimpi Buruk

img

Tak sedikit orang yang pernah merasakan mimpi buruk. Selain menjadi bunga tidur, mimpi buruk juga bisa disebabkan oleh makanan yang Anda makan sebelum tidur, salah satunya terlalu banyak makan gula atau saat kadar gula darah turun.

Sebuah artikel dalam Journal of the Mind and Body mengutip beberapa penelitian yang mencoba menentukan hubungan antara makan sebelum tidur dan mimpi yang dialami.

Beberapa studi menunjukkan bahwa makan gula secara berlebihan sebelum tidur dapat meningkatkan aktivitas gelombang otak. Aktivitas yang tinggi dapat meningkatkan
kejelasan mimpi termasuk membuat orang mengalami mimpi buruk, seperti dilansir Livestrong, Rabu (27/7/2011).

Selain gula, masih ada bahan kimia lainnya yang dapat mempengaruhi mimpi. Sebagai contoh, koyo nikotin kadang-kadang dikemas dengan peringatan yang menyatakan dapat menyebabkan mimpi 'nyata' atau tidak biasa.

Junk food yang tidak mengandung nikotin, permen dan coklat yang mengandung theobromine dan kafein juga dapat mengganggu tidur dan menyebabkan mimpi buruk bila dimakan dalam jumlah yang cukup banyak sebelum tidur.

Selain terlalu banyak makan gula, ternyata gula darah rendah juga dapat mempengaruhi mimpi. Menurut MayoClinic.com, tingkat gula darah anak juga dapat mempengaruhi mimpinya.

Bila kadar gula darah menjadi rendah (hipoglikemia) saat tidur, beberapa orang anak akan mengalami gejala mengalami mimpi buruk. Hal ini biasanya terjadi pada anak yang menderita diabetes.

Beberapa tanda dan gejala hipoglikemia pada anak diabetes misalnya sering mimpi buruk, keringat, kelelahan saat bangun, pusing, kebingungan, kesulitan berbicara, kecemasan, perubahan kepribadian dan berperilaku aneh, yang seringkali terjadi di pagi hari dan biasanya disebut 'efek fajar'.

Untuk itu, sebaiknya makanlah makanan yang sehat tak hanya sebelum tidur tetapi setiap harinya untuk menjaga gula darah selalu dalam kadar normal.

sumber: http://www.detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda