2011/10/19

Petani Keluhkan Musim Kemarau Panjang


Sejumlah petani diwilayah Kelurahan Sananwetan Kota Blitar mengeluhkan sulitnya air untuk irigasi persawahan, bahkan beberapa diantaranya rela mengambil air sungai wilayah lain, agar tanaman tidak gagal panen.


Keluhan ini seperti diungkapkan Sucipto, ketua gabungan kelompok tani (Gapoktan) Kelurahan Sananwetan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela aktifitasnya Senin (17/10), ia mengeluhkan sulitnya mendapatkan air untuk tanaman lombok dan jagung miliknya. Selama sekitar satu bulan terakhir ini petani diwilayahnya kesulitan air untuk irigasi, dengan kondisi ini sejumlah petani memilih tidak becocok tanam sambil menunggu air setidaknya pada musim hujan mendatang. Sementara dirinya yang sudah menanami sekitar 200 ru lahan dengan tanaman jagung dan lombok, memilih bersusah payah mencari air disaluran irigasi wilayah lain agar bisa mengairi tanamannya.

Persoalan ini pernah ia sampaikan ke pihak kelurahan, namun jawaban klasik yang ia terima, yaitu agar petani sabar menunggu datangnya musim hujan. Untuk itu ia berharap ada solusi dari pemerintah berkaitan dengan hal ini,” keluh pria berusia 37 tahun ini.

Menanggapi hal ini, Drs. Teteng Rukmocondrono, Kepala Dinas Pertanian Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah di kantornya mengatakan, meski kemarau untuk Kota Blitar dinilai tidak terlalu berdampak signifikan, terutama bagi petani. Sebab untuk mengantisipasi kekurangan air untuk irigasi, pihaknya telah memberi bantuan satu unit pompa air untuk setiap Gapoktan se- Kota Blitar. Sehingga bagi petani yang kesulitan air untuk bercocok tanam bisa memanfaatkan mesin pompa tersebut, yang dipastikan sudah diterima oleh setiap Gapoktan se-Kota Blitar.

Lebih lanjut Teteng menambahkan, agar tidak gagal panen, untuk sementara selama musim kemarau pihaknya menghimbau agar petani menanam jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air dalam pertumbuhannya, seperti lombok dan jagung.

sumber:http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5439

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda