2011/10/31

Ratusan Peserta Ruwatan Ikuti Technical Meeting

Sebelum menggelar ruwatan massal gratis Minggu pagi 30 Oktober 2011, Pemerintah Kota Blitar dalam hal ini Dinas Kominparda Kota Blitar menggelar technical meeting bagi peserta Kamis siang (27/10), di paseban PIPP Kota Blitar. Kegiatan itu diikuti ratusan calon peserta ruwatan atau yang mewakili.



Djoko Harianto, Kabid Seni Budaya Dinas Kominparda Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan technical meeting Kamis (27/10) mengatakan, melalui technical meeting ini dijelaskan tentang prosesi ruwatan masaal. Seluruh peserta kecuali yang berhalangan seperti bekerja diluar negeri harus berada dilokasi ruwatan, Minggu pagi pukul 04.30 WIB, dengan memakai kostum warna putih. Jika mampu berbentuk kain seperti layaknya baju ihrom, namun jika peserta tidak mampu membeli kain disarankan memakai pakaian berwarna putih baik atasan maupun bawahan. Namun jika masih merasa berat, bisa memakai tali kepala berwarna putih.


Menurut Djoko, jika peserta ruwatan masaal berhalangan hadir semisal bekerja diluar negeri, bisa diganti dengan pakaian yang pernah dipakai atau selembar foto. Untuk persyaratan lain, masing - masing peserta diharapkan membawa kembang kanthil dan cok bakal lima paket.
Lebih lanjut Djoko menambahkan, jumlah peserta berdasarkan sukerto yang ada dari Kota Blitar sebanyak 216 dan dari luar Kota Blitar sebanyak 26. Sehingga jika dihitung perorang jumlah peserta ruwatan lebih dari 350 orang. Paling banyak peserta dari kelompok sukerto ontang - anting dan kendono – kendini.


Adapun untuk prosesi ruwatan massal dilaksanakan pada hari Minggu pagi (30/10) dan dipimpin dalang Ki Misdi dari Kelurahan Ngadirejo, yang diawali pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Sabtu (29/10), dengan menghadirkan dalang Ki Suyanto Sapdo Carito dari Kelurahan Sukorejo dengan lakon Durgo Ruwat.

sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5495

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda