2011/11/07

Daun Mentol Pereda Nyeri Perut

Daun yang memiliki ukuran mungil ini kerap kali ditemui di beberapa jenis makanan dan juga campuran minuman. Aromanya sangat khas dengan rasa dingin semriwing. Tak hanya bisa jadi hiasan hidangan yang cantik, tapi juga bisa redakan nyeri perut .


Mentha Cordifolia, atau yang lebih dikenal dengan nama daun mint, adalah tanaman yang memiliki aroma yang sangat khas. Daun mint sering kali ditemukan sebagai hiasan hidangan ataupun sebagai campuran minuman. Aroma nya yang wangi dan dingin ini dikarenakan kandungan minyak asiri berupa minyak menthol.

Meskipun sepintas terlihat sederhana, ternyata daun mint ini sarat akan nutrisi. Kandungan nutris nya antara lain, vitamin C, provitamin A, fosfor, zat besi, kalsium dan juga potasium. Serat dan juga fitonutrien juga banyak terkandung di dalam daun mint.

Daun mint dipercaya dapat memulihkan stamina tubuh, membuat rileks pikiran, meredakan sakit kepala, mencegah demam, serta mempunyai sifat antioksidan yang berguna untuk mencegah kanker. Tak heran jika daun mint banyak digunakan sebagai campuran minuman hangat ataupun dingin untuk membantu tubuh lebih rileks.

Menurut sebuah study di Wheeling Jesuit University di West Virginia aroma dan juga semriwing dingin yang keluar dari daun mint akan memberikan efek nyaman untuk tubuh. Selain untuk merilekskan pikiran, daun mint juga bisa meredakan nyeri pada perut. Cukup dengan mencampurkan beberapa lembar daun mint pada teh hangat bisa meredakan nyeri pada perut karena datang bulan. Untuk minuman segar, daun mint juga bisa dicampurkan dengan daun sereh dan perasan air lemon.

sumber : http://www.detikfood.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda