2011/04/07

Mobil-Mobilan Dari Enceng Gondok Beromzet Miliaran

Enceng gondok memang tanaman gulma yang cukup meresahkan. Namun nyatanya peluang bisnis kerajinan berbahan enceng gondok mampu mendatangkan keuntungan sampai puluhan juta rupiah. Tentu saja bisnis enceng gondok ini tidak serta merta membuahkan hasil. Butuh sentuhan kreatifitas dan inovasi dalam menekuni bisnis ini.

Contoh sukses menekuni peluang bisnis kerajinan enceng gondok adalah Geni Art. Usaha kreatif Geni Art dimulai oleh Rafi sejak 2004. Modal awal yang ia keluarkan bisa dibilang sangat kecil, yaitu Rp 45.000. Uang ini ia gunakan untuk membeli perlengkapan gambar, misal penggaris, cutter, dan pensil.

Ide cemerlang untuk memanfaatkan enceng gondok ia temukan secara tak sengaja. Saat itu ia beserta teman-temannya sedang bermain di rawa. Di rawa itulah ia menemukan enceng gondok untuk kemudian dibuat mainan mobil-mobilan sejenis bemo.

“Setelah jadi mobil-mobilan, kita letakkan mainan itu di pinggir jalan dengan harapan ada orang yang tertarik saat melihatnya. Waktu itu kita belum tahu harus ke mana memasarkan produk ini.
Kini bisnis kerajinan enceng gondoknya telah berkembang dengan cukup pesat. Rafi berharap agar usaha kreatif enceng gondok semakin berkembang dan diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran. Kini, Rafi telah memiliki showroom sendiri di rumahnya. Ia berharap kelak showroom tersebut bisa digunakan sebagai tempat untuk mengumpulkan berbagai hasil kerajinan kretaif di tempatnya

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda