2011/04/21

Pentingnya Akte Kelahiran Bagi Anak

Gambar : Kepala Dispenduk Capil Kota Blitar saat memberikan sosialisasi kiat perlindungan anak untuk mendapatkan Akte didepan TP. PKK Kota Blitar.
Untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat Kota Blitar dalam mengurus akte kelahiran bagi anak-anaknya, tim penggerak PKK Kota Blitar bersama Dispenduk Capil memberikan sosialisasi tentang kiat perlindungan anak untuk mendapatkan akte kelahiran. Kegiatan ini berlangsung diruang Panti PKK Kota Blitar, Selasa, (19/4).

Drs. Didik Hariadi MA, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil ) Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela sosialisasi mengatakan, dalam sosialisasi ini pihaknya memberi materi tentang perlindungan anak khususnya dalam mengurus akte kelahiran yang merupakan hak seorang anak. Sebagai institusi yang didalamnya bertugas sebagai pencatatan sipil, pihaknya tidak hanya memberikan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk tertib identitas diri saja, namun juga melayani dalam proses pembuatan identitas termasuk akte kelahiran.
Didik menambahkan, kepedulian masyarakat di Kota Blitar untuk mengurus akte kelahiran anak-anaknya memang cukup tinggi. Namun sosialisasi seperti ini masih perlu, karena bagi yang belum mengurus akte khususnya bagi ibu-ibu yang baru melahirkan segera melengkapi identitas anaknya. Dengan diterbitkan akte, anak akan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sehingga tidak terjadi kepemilikan akte ganda.
Sementara itu Nugraheni Ichwanto, wakil ketua tim penggerak PKK Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus PKK di tingkat Kota Blitar, Kecamatan hingga kelurahan dan diharap para peserta bisa mengerti akan pentingnya perlindungan anak utamanya dalam kepengurusan akte kelahiran. Sehingga anak akan mendapatkan hak-hak nya seiring tumbuh kembangnya sebagai generasi penerus bangsa.
Dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti kurang lebih 70 peserta. Dengan adanya sosialisasi ini juga diharapkan nantinya bisa menyampaikan materi-materi sosialisasi kepada masyarakat disela sela kegiatannya dilapangan.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda