2011/06/17

Legislatif : Peran PPL Untuk Dimaksimalkan

Gambar : Seorang petani saat memanen padinya.
Menyusul dengan adanya sejumlah keluhan dari petani di Kota Blitar, terkait banyaknya tanaman mereka yang terserang hama wereng, komisi II DPRD Kota Blitar meminta kepada Dinas Pertanian Kota Blitar mengoptimalkan peran petugas Penyuluh Lapangan (PPL), untuk meningkatkan penyuluhan kepada petani di Kota Blitar, agar masalah dikalangan petani bisa mampu diatasi.

Ungkapkan ini telah disampaikan oleh Endang Widarwati, anggota komisi II bidang ekonomi dan keuangan DPRD Kota Blitar, optimalisasi peran PPL dimasing-masing kelurahan perlu dilakukan oleh Dinas Pertanian, untuk melakukan penyuluhan dikalangan petani, sebagai antisipasi hama wereng dan hawa lainnya yang merugikan para petani seperti yang terjadi saat ini.
Ditempat terpisah menanggapi hal ini, Drs. Teteng Rukmocondrono, Kepala Dinas Pertanian Kota Blitar melalui Kabag Humas dan Protokol Pemerintah Kota Blitar mengakui, memang saat ini, ada beberapa PPL yang perannya kurang maksimal. Sehingga optimalisasi peran PPL sedang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kota Blitar, apalagi saat ini sekitar 5 % lahan pertanian di Kota Blitar terserang hama wereng. Penyuluhan oleh PPL dimasing-masing kelurahan melalui kelompok tani yang ada, akan dilakukan, untuk menekan kerugian petani, akibat gagal panen setelah tanaman mereka terserang hama.
Sementara itu, sebelumnya pada pertengahan bulan Mei lalu akibat serangan hama wereng batang coklat, dalam 2 hingga 3 hari terakhir sekitar 1 ha tanaman padi yang ada di Kelurahan Tanjungsari dan Pakunden Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, gagal panen. Dimana menurut data yang ada di Dinas Pertanian Kota Blitar dari seribu hektar lebih tanaman padi di Kota Blitar, sekitar 20 hingga 25 ha tanaman padi diantaranya berpotensi gagal panen, karena terdapat populasi berlebih hama wereng, yang menyerang  berbagai varietas padi, mulai sembada, mentik hingga ketan.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda