2011/06/06

Perpindahan Bedol Pusoko Tak Kurangi Nilai Historis

Gambar : Kegiatan pelaksanaan bedol pusoko tahun 2010 lalu.
Selain prosesi bedolan pusoko tanggal 31 Mei 2011 malam yang dipindah dari Istana Gebang ke rumah Dinas Walikota Blitar, ada perbedaan lain dalam rangkaian Grebeg Pancasila yang dilaksanakan tahun 2011 ini. Yaitu pada tumpeng, pada tahun-tahun sebelumnya berwarna kuning, untuk tahun ini berganti berwarna merah putih.

A.Abu Mansur, SH, Msi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya Jumat (27/5) mengatakan, meski ada perubahan tempat prosesi bedolan pusoko tidak akan mengurangi nilai historis dari Grebeg Pancasila tahun ini. Karena masih dilaksanakan di Kota Blitar. Termasuk tumpeng yang berwarna merah putih tidak ada unsur politiknya, namun karena Grebeg Pancasila tahun ini bernuansa merah putih.  
Abu menambahkan, selain untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, prosesi Grebeg Pancasila yang didalamnya kirab bedolan pusoko yang berisi benda benda pusaka, diantaranya berupa bendera pusaka, lambang garuda Pancasila, teks pidato Bung Karno 1 Juni dan foto Bung Karno mulai rumah Dinas Walikota ke Kantor pemerintah Kota Blitar yang dilanjutkan malam tirakatan dan puncaknya upacara budaya Grebeg Pancasila di Aloon-aloon Kota Blitar tepat 1 Juni dan dilanjutkan dengan kirab gunungan limo menuju Makam Bung Karno dan berakhir dengan kenduri Pancasila, juga dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Blitar. Apalagi rangkaian kegiatan dilakukan dengan bentuk kegiatan tradisional.
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, rencana awal bedolan pusoko yang menjadi rangkaian dari upacara Grebeg Pancasila tahun 2011 masih seperti tahun-tahun sebelumnya, dilakukan di Istana Gebang menuju ke kantor pemerintah Kota Blitar. Namun setelah ada pertemuan panitia dan mendapat persetujuan Walikota Blitar, ada perubahan acara bedolan pusoko yang dilaksanakan malam sebelum upacara budaya Grebeg Pancasila berlangsung. Dengan pertimbangan keberadaan Istana Gebang saat ini masih ada polemik di internal keluarga Bung Karno. Namun optimis prosesi Grebeg Pancasila di Kota Blitar tetap sukses dan meriah seperti pada tahun-tahun sebelumnya.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda