2011/07/07

Kriuk-Kriuk Gurih Cireng Kering

Kriuk-Kriuk Gurih Cireng Kering

Penganan sederhana urang Bandung ini sempat populer dan banyak disukai. Seiring waktu cireng juga mengalami berbagai inovasi baik segi bentuk dan isi. Bahkan kini populer juga cireng kering yang kriuk renyah. Penasaran?

Bagi orang Bandung dan sekitarnya nama cireng mungkin sudah banyak yang mengenalnya. Cireng berasal dari bahasa Sunda yang arti sebenarnya adalah Aci Goreng. Dinamakan demikian, sebab bahan utama pembuatnya adalah tepung aci (kanji) yang dicampur dengan sedikit tepung terigu, air, merica, garam.


Untuk isian cireng biasanya ditambahkan berbagai isi seperti oncom, daging sapi, ayam, dan juga bumbu rempah lainnya. Selain itu cireng tidak hanya dibentuk bulat tetapi juga ada yang segi empat dan bentuk menarik lainnya. Meskipun bahan pembuatnya cukup sederhana, tetapi cireng banyak disukai baik tua maupun muda.

Namun kini ada cireng kering yang juga populer. Tidak seperti cireng pada umumnya yang sedikit kenyal teksturnya, satu ini teksturnya tipis sehingga terasa keriuk saat digigit. Bentuknya tipis lebar mirip seperti emping dan di tengah-tengahnya dioleskan topping sambal untuk memberi citarasa pedas.

Cireng kering ini dibungkus dalam plastik-plastik transparan dan dengan cepat jadi populer.Selain kriuk enak, cireng kering ini juga memiliki citarasa gurih. Sebungkus besar cireng kering dihargai Rp 8000,00 - Rp 10.000,00 per bungkus. Bahkan kini tidak hanya dijual di toko oleh-oleh sekitar Bandung melainkan juga di luar kota Bandung. Penggemar cireng, mau coba?



sumber : http://www.detikfood.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda