2011/08/04

Jangan Janjikan Hadiah untuk Ajarkan Anak Puasa

img

Memberikan contoh puasa yang menyenangkan adalah salah satu cara mendorong anak untuk mau berpuasa. Tapi jangan janjikan suatu hadiah untuk mengajarkan anak berpuasa.

"Kunci untuk mengajak anak puasa sejak dini adalah memberikan gambaran bahwa puasa itu menyenangkan. Kalau dia tahu puasa itu menyenangkan, maka ia dengan sendirinya akan minta ikut puasa," jelas Dra. Ratna Juwita, Dipl.Psych dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia di sela-sela acara Journalist Class 'Membangun Generasi Sehat dan Berbudaya' di FX Plaza, Jakarta, Rabu (3/8/2011).


Menurut Ratna, berbuka puasa dan bangun sahur adalah hal yang menyenangkan bagi anak, jadi ajaklah anak-anak untuk ikut serta.

"Yang terpenting jangan dipaksa dan jangan menjanjikan hadiah untuk mengajarkan anak puasa," jelas Ratna.

Ratna mengatakan menjanjikan hadiah sebagai iming-iming agar anak mau berpuasa adalah suatu hal yang salah, karena nantinya anak hanya mau berpuasa jika diberi hadiah, bukan karena keinginan mereka sendiri.

"Hadiah boleh diberikan hanya sebagai reward atau pujian karena si kecil berhasil menyelesaikan puasa, tapi jangan dijanjikan. Dan hadiahnya juga berikan saja sesuatu yang kecil tapi bermanfaat," lanjut Ratna.

Anak yang baru belajar puasa juga jangan dipaksakan untuk menyelesaikannya puasa layaknya orang dewasa. Ajarkan puasa sesuai dengan kemampuannya.

"Misalnya, katakan padanya 'Boleh puasa tapi nanti jam 10 kita minum susu ya, nanti boleh dilanjutkan lagi puasanya'. Nantinya semakin bertambah umur si anak akan bertanya kok ibu nggak ikut makan (di siang hari) dan ia akan menirunya. Secara bertahap sesuai usianya dia akan bisa puasa sehari penuh," jelas Ratna.

Hal yang terpenting agar anak mau belajar berpuasa adalah stimulasi sang anak dengan hal-hal yang menyenangkan dan jangan pernah memaksa atau menyuruhnya, biarkan anak melakukan puasa atas kemauannya sendiri.


sumber : http://www.detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda