2011/08/08

Kurangi Jam Pelajaran Di Bulan Ramadhan


Gambar : Kegiatan belajar mengajar di bulan Ramadhan.

Hampir seluruh lembaga sekolah di Kota Blitar meliburkan siswa-siswinya mulai tanggal 01 hingga 03 Agustus 2011. Sebagai libur awal puasa Ramadhan 1432 Hijriah. Namun setelah libur selama tiga hari, mulai Kamis (4/8), para pelajar di Kota Blitar sudah mulai masuk sekolah lagi.

Drs. Santoso, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi diruang kerjanya Kamis (4/8) mengatakan, libur awal puasa kali ini dilakukan setiap tahun memasuki awal puasa. Termasuk pada tahun ini yang sudah berlangsung selama 3 hari pada awal bulan Agustus yang bertepatan dengan awal Ramadhan 1432 Hijriah dan pada saat ini sudah mulai masuk kembali.
“Libur awal puasa ini perlu diberikan untuk menghormati mereka yang menjalani puasa di bulan suci Ramadhan, sesuai ketentuan sekolah. Sehingga anak-anak pelajar khususnya yang usianya masih kecil bisa adaptasi dengan situasi Ramadhan,” imbuh Santoso.
Lebih lanjut Santoso menambahkan, setelah masuk sekolah lagi proses pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di lembaga-lembaga sekolah berjalan sebagai mana mestinya dan masuk seperti biasa. Hanya saja selama bulan Ramadhan 1432 Hijriah volume jam belajarnya berkurang. Jika biasanya satu jam pelajaran sekitar 40 menit berkurang menjadi 35 menit. Sehingga siswa-sisiwinya pulang lebih awal. Sekolah diberi kesempatan untuk mengatur jam belajar selama bulan puasa dan sekolah juga sudah terbiasa untuk mengaturnya agar proses belajar mengajar tetap jalan, dengan pola Managemen Berbasis School (MBS). Termasuk dalam mengatur kegiatan pondok Ramadhan, masing-masing sekolah juga diberi keleluasaan untuk mengaturnya.


sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda