2011/09/30

Bazar Gakin Akan Isi Bersih Desa Karangsari

Setiap kalender Jawa tepatnya hari Kamis Kliwon malam Jum’at Legi bulan Selo, Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar selalu melakukan agenda ritual bersih desa. Adapun untuk agenda tahun ini akan diisi dengan beberapa kegiatan. Selain kegiatan keagamaan juga seni budaya tradisional dan bazar gakin dan produk unggulan.
Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung mulai hari Kamis sore, (29/9) hingga Sabtu pagi (1/10) dan kegiatan ini akan dipusatkan di ex PDS Kelurahan Karangsari.

Juyanto, SE, MM, Lurah Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar saat dikonfirmasi di kantornya Rabu siang (28/9) mengatakan, kegiatan bersih Desa ini sudah menjadi kesepakatan bersama. Baik dari kelurahan, pengurus RT, RW, LPMK, Karangtaruna dan elemen masyarakat lainnya. Menjelang berlangsungnya kegiatan bersih Desa ini, berbagai persiapan telah dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Karangsari. Satu diantaranya dengan melalukan koordinasi dengan sesepuh Kelurahan Karangsari dan menyiapkan gakin yang berjualan serta menyiapkan tempat yang akan digunakan.

Juyanto menambahkan, diantara rangkaian acara yang akan dilaksanakan, selain bazar gakin dan produk unggulan, pegelaran kesenian kuda lumping Teger Putro Budoyo, selamatan dimasing-masing RW, pembacaan yasin dan tahlil di Masjid Diponegoro. Ziarah ke makam Mbah Syeh sang leluhur yang babat Kelurahan Karangsari, gelar jaranan Turonggo Tari, wayang kulit dengan dalang Ki. Rudi Gareng dari Kelurahan Ngadirejo dan diakhiri dengan acara ruwatan.

“Dalam kegiatan bazar nanti berlangsung setiap sore hingga malam hari dan akan melibatkan sekitar 34 gakin yang menempati 34 stand. Sejumlah gakin berasal dari masing-masing RT, yang diambil dua gakin. Setiap gakin mendapat bantuan tambahan dana permodalan sebesar Rp.100 ribu.,” imbuh Juyanto

Juyanto juga menyebutkan, para gakin yang dilibatkan nanti, para gakin yang setiap hari berjualan makanan seperti pecel punten, nasi pecel dan jajanan yang lain. Sementara untuk bazar produk unggulan sebanyak 6 stand dari RW yang menjajakan produk seperti sirup dan dodol blimbing, sari jambu dan sari sirsat. Tidak hanya itu, dalam bazar nanti juga akan diisi dengan stand warung KB gratis dan stand PNPM Mandiri P2KP.(der)

Sumber: http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5322:bazar-gakin-akan-isi-bersih-desa-karangsari&catid=81:potensi

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda