2011/09/29

Hiburan Rakyat Akan Isi Bersih Desa

Setiap penanggalan Jawa tepatanya 1 Selo Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul menggelar acara bersih Desa. Adapun pada tahun ini bertepatan dengan hari Kamis malam Jumat, (29/9).

Subandi, Sekretaris Lurah Sentul saat dikonfirmasi di kantornya Selasa pagi (27/9) menjelaskan, pelaksanan ritual bersih desa yang digelar satu tahun sekali ini didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga Kelurahan Sentul atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat
, baik dari hasil panen, kesehatan dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun.

”Untuk itu pada hari Rabu (28/9) pukul 19.00 wib digelar pengajian beserta kenduri masaal. Hal itu juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang,” imbuh Subandi.

Lebih lanjut Subandi menambahkan, selain kegiatan pengajian dan doa bersama, untuk kegiatan bersih desa juga akan diisi dengan hiburan bagi masyarakat. Seperti pada tahun lalu, warga Kelurahan Sentul masih menjatuhkan pilihan pada pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan langen tayub. Wayang kulit dengan dalang Ki Sukron Suwondo digelar Kamis malam (29/9) dikantor Kelurahan Sentul. Sedangkan kesenian langen tayub dilaksanakan pada Jumat malam (30/9) di Lingkungan Jati Malang. Seluruh kegiatan itu direncanakan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat.

”Selain dua jenis hiburan itu, warga ditiga lingkungan, yaitu Lingkungan Sentul, Lingkungan Jati Malang dan Lingkungan Sembot berlomba-lomba membersihkan lingkungan sekitar, untuk memperebutkan piala lurah bergilir dan uang pembinaan. Untuk penilaian dilakukan tim dari perangkat kelurahan yang dimulai hari Senin (26/9).(ram)

Sumber: http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5315:hiburan-rakyat-akan-isi-bersih-desa&catid=81:potensi

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda