2011/10/27

Gelar Seminar Untuk Mantapkan Wawasan Kebangsaan


Hampir setiap tahun, Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar selalu menggelar seminar wawasan kebangsaan. Seperti yang berlangsung pada hari Selasa (25/10). Seminar pemasyarakatan wawasan kebangsaan yang mengambil tema Bersama Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kita Mantapkan Nasionalisme Indonesia ini dibuka oleh H. Purnawan Buchori, Wakil Walikota Blitar.


Saat dikonfirmasi seusai acara pembukaan Selasa (25/10) Wakil Walikota mengatakan, seminar wawasan kebangsaan seperti ini perlu dilakukan agar masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang saat ini cukup memprihatinkan. Sehingga diharapkan kegiatan ini tidak berhenti hanya saat seminar saja, namun juga berkelanjutan dan berkembang ke masyarakat luas. Termasuk dikalangan generasi muda yang memang saat ini rasa nasionalisme dan wawasan tentang kebangsaannya masih kurang.

Sementara itu Drs. Hartono, SS, M.Hum, Kepala Bidang Pengembangan dan Pelestarian Bahan Pustaka UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar yang sekaligus sebagai panitia kegiatan saat dikonfirmasi di tempat yang sama menyebutkan, seminar kali ini diikuti sekitar 100 peserta. Dari unsur guru, pustakawan yang ada di Jawa Timur, dari majelis pelestari ajaran Bung Karno, Blitar Haritage Sociaty dan lainnya. Kegiatan ini sebagai pemantapan kembali wawasan kebangsaan dengan memanfaatkan koleksi Perpustakaan Bung Karno. Apalagi koleksi yang menyimpan ide gagasan Bung Karno didalam membangun semangat nasionalisme Indonesia ada di Perpustakaan Proklamator Bung Karno.

”Selain itu, seminar ini dilaksanakan sebagai upaya dalam membentuk karakter Bangsa dan menyikapi globalisasi yang banyak mengubah prilaku. Sehingga dengan kegiatan ini bisa memantapkan kembali dalam membangun semangat rasa cinta tanah air,” harap Hartono.

Dalam seminar ini telah menghadirkan beberapa nara sumber. Diantaranya, Drs. Djarot Syaiful Hidayat, MS, penasehat Lembaga Pendidikan Pengkajian Kebijakan (LP2K) Mekar Bangsa Blitar yang menyampaikan materi tentang mengenal pemikiran Bung Karno dalam mewujudkan nasionalisme Indonesia. Drs. Bambang Budiono, M.S, MSi, staf pengajar di FISIP Unair menyampaikan materi membangun semangat nasionalisme bagi generasi muda di era globalisasi. Prof. DR. Joko Siswono, guru besar Fakultas Filsafat UGM, yang menyampaikan materi revitalisasi Pancasila di tengah - tengah hegemoni globalisasi.

Sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5484:gelar-seminar-untuk-mantapkan-wawasan-kebangsaan&catid=83:kegiatan

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda