2011/10/28

Perlunya Sosialisasi Program Jampersal Bagi Masyarakat

Meskipun pelaksanaan program jampersal di Kota Blitar telah dilaksanakan sejak sekitar bulan April lalu, namun untuk sosialisasi bagi para kader posyandu se- Kecamatan Sananwetan masih digelar Selasa (25/10), diruang pertemuan UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan. Hal itu disebabkan masih menunggu peraturan yang jelas tentang implementasi program jampersal ditingkat daerah. Selain juga menunggu alokasi dana.


Didik Djumianto, SKM, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan saat dikonfirmasi di kantornya Rabu (26/10) menjelaskan, sebelum sosialisasi ini digelar, masyarakat sudah mengetahui keberadaan jampersal, meskipun informasi yang didapat dari media hanya sepotong – sepotong. Terbukti mulai bulan April lalu pihaknya telah melayani persalinan dengan program jampersal. Meskipun ada sebagian masyarakat karena ketidaktahuannya, meminta pelayanan persalinan langsung dirumah sakit.

Hal ini diakui oleh Dian, kader posyandu Kenari dari Kelurahan Plosokerep. enurutnya selama ini ia mengetahui program jampersal dari media televise maupun koran. sehingga informasi yang diperoleh belum detail. Bahkan ia tidak berhasil membujuk saudaranya yang akan melahirkan untuk memanfaatkan program jampersal dengan melakukan persalinan di Puskesmas, karena mereka berpikiran harus mengurus administrasi yang panjang. Sehingga saudaranya memilih melahirkan ke rumah sakit swasta.

Sementara itu Mohamad Muchlis, nara sumber sosialisasi jampersal, yang juga menjabat sebagai Kabid Yankes Dinas Kesehatan Daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah dikantornya Rabu (26/10)  berharap, pasca sosialisasi ini, seluruh kader mampu menggetok tularkan informasi jampersal. Sesuai dengan prosedur yang ada, pelayanan jampersal dilakukan berjenjang, dimulai dari bidan pemerintah dipolindes, Puskesmas rawat inap, Puskesmas rawat jalan, poned, Bidan praktek dan rumah sakit swasta yang menjalin kerjasama dengan pemerintah. Jika mereka tidak mampu mengatasi persalinan karena ada indikasi penyulit, baru ibu hamil bisa melakukan persalinan dengan program jamkesmas di rumah sakit pemerintah.

Sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5491:perlunya-sosialisasi-program-jampersal-bagi-masyarakat&catid=81:potensi

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda