2011/10/26

Punya Anak Bikin Orang Lebih Higienis


Jakarta, Cuci tangan adalah kegiatan sederhana tapi kadang sering dilupakan. Studi melaporkan orang yang memiliki anak lebih higienis dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki anak.


Studi tahun 2010 yang dilaporkan dalam American Society for Microbiology menemukan orang yang memiliki anak akan 2 kali lebih higienis atau menjaga kebersihannya dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki anak.

Hasil lain yang dilaporkan dalam studi ini adalah hanya sepertiga laki-laki yang mencuci tangan setelah dari kamar mandi, serta perempuan memiliki tingkat kebersihan atau higienitas yang lebih baik dibanding laki-laki.

"Mencuci tangan adalah salah satu cara yang paling penting untuk melindungi diri dari infeksi," ujar Yves Longtin, MD, FRCP dari Quebec’s Universite Laval, seperti dikutip dari Menshealth.com, Rabu (26/10/2011).

Dr Longtin menuturkan sebagian infeksi diperoleh dengan menyentuh orang lain, binatang atau permukaan yang mengandung mikroba berbahaya. Tangan yang terpapar kuman ini akan mengkontaminasi wajah atau makanan yang dikonsumsi.

Kondisi ini yang membuat seseorang yang sudah memiliki anak berperilaku lebih higienis, karena ia tidak ingin anaknya sakit akibat infeksi yang ditularkannya. Seperti diketahui sistem kekebalan tubuh anak tidak sama dengan orang dewasa.

Dr Longtin dan Sarah Eden, RN, BScN, CIC selaku koordinator kontrol infeksi di Public Health Ontario, memberikan beberapa tips dalam membersihkan tangan agar terbebas dari kuman penyakit yaitu:

1. Mencuci tangan dengan sabun selama 30 detik, meski tampak berlebihan tapi cuci tangan dengan sabun selama 30 detik cukup efektif membunuh 99 persen kuman di tangan. Hal ini karena tangan merupakan daerah yang subur bagi bakteri, terutama di ujung jari serta sela-sela jari.

2. Mengeringkan tangan dengan handuk atau tisu, menggosok handuk ke tangan secara fisik akan menghapus atau menghilangkan mikroorganisme sedangkan jika menggunakan mesin pengering akan membuat kuman menyebar di udara.

3. Menggunakan hand sanitizer, jika memang tidak bisa menemukan air dan sabun maka pembersih tangan (hand sanitizer) yang mengandung etanol atau propanol terbilang efektif membunuh bakteri serta virus. Gosokkan hand sanitizer yang mengandung lebih dari 60 persen dan tak lebih dari 80 persen alkohol selama 15 detik.

sumber : detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda