2011/11/11

Andalkan Sektor Pajak, Target PAD 2012 Dinaikan

Melihat potensi yang ada, tahun anggaran 2012 mendatang target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Blitar direncanakan naik sekitar Rp. 1 milyar, atau dua persen dari PAD saat ini sekitar Rp. 54 milyar.    
  
Ungkapan ini telah disampaikan Drs. Rudi Wijanarko, Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Kota Blitar. Meski target penerimaan PAD tahun 2011 belum dievaluasi secara global, karena evaluasi terakhir baru dijadwalkan sekitar bulan Desember mendatang, namun pemerintah sudah membuat analisa untuk target PAD 2012 mendatang, yang diproyeksikan naik sekitar 2 hingga 3 persen, dibandingkan tahun 2011 yang ditargetkan sekitar Rp. 54 milyar. Kenaikan sektor PAD terbesar adalah  pajak, seperti Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan pajak penerangan jalan umum.         
Target PAD yang naik 2012 mendatang yang masih bergantung pada sektor pajak, menurut Suwoko, ST, anggota badan anggaran DPRD Kota Blitar, kenaikan target PAD dengan masih mengandalkan sektor pajak perlu dievaluasi kembali, sebab sektor pajak sudah menjadi kewajiban masyarakat untuk membayarnya dan tidak bisa dilakukan intensifikasi, berbeda dengan sektor retribusi, mulai parkir, pasar dan lainya yang selama ini dinilai masih belum maksimal.       
Untuk itu pihaknya akan melakukan evaluasi kembali berkaitan dengan hal ini, termasuk berharap kenaikan PAD 2012 mendatang tidak hanya mengandalkan sektor pajak namun juga retribusi, dengan mengoptimalkan sektor retribusi yang belum maksimal, seperti parkir.

sumber : http://blitarkota.go.id

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda