2011/11/07

Lobak Bagus Untuk Diet

Sayuran berwarna putih dengan tekstur yang krenyes renyah ini biasa ditemui dalam sup. Sebagian orang kadang tidak menyukainya karena aromanya dan juga rasanya yang sedikit getir. Padahal manfaatnya sangat banyak .


Kalau suka makan soto Bandung atau makanan Korea, sayuran ini kerap kali menjadi salah satu isinya. Lobak, adalah sayuran berwarna putih yang memiliki tekstur keras dengan aroma langu yang khas. Kalau dimasak, rasanya jadi renyah krenyes..krenyes seperti bangkuang.

Meskipun lobak ini sangat enak, namun tidak semua orang menyukainya. Pasalnya aromanya yang sedikit langu, pesing dan rasanya yang agak getir membuat sebagian orang enggan untuk menyantapnya. Padahal, lobak sangat banyak manfaatnya untuk
kesehatan tubuh.

Nutrisi dari jenis umbi-umbian ini mulai dari vitamin A, B1, B2, Niasin, minyak atsiri, kolin, serat, kalsium, fosfor, zat besi, dan asam oksalat. Kandungan vitamin A dan C sebanyak 30-40%. Selain itu lobak juga mengandung antibiotik yang menjaga tubuh dari bakteri.

Tumbuhan ini pertama kali ditemukan di negeri Cina, kemudian dibudidayakan di Indonesia dan negara Asia sekitarnya. Lobak dengan mudah ditanam di tanah yang subur dan juga iklim yang sejuk. Sudah sejak dulu, lobak digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit di Cina dan Korea.

Sebut saja mengatasi perut kembung, disentri, sembelit, radang saluran pernafasan, influenza, tekanan darah tinggi, jantung dan juga demam. Biasanya lobak diolah dengan cara dibuat sup ataupun dijadikan campuran salad. Namun, lobak juga bisa dijadikan obat luar untuk mengatasi luka bakar, eksim, dan gangguan iritasi kulit.

Cukup dengan memarut lobak secukupnya dan tambahkan cuka beras putih lalu oleskan pada bisul atau gangguan kulit lainnya. Selain mengatasi beberapa jenis penyakit tadi, untuk  yang menjalani program diet bisa memasukkan lobak dalam menu harian. Karena kandungan seratnya juga tinggi, akan memberi rasa kenyang lebih lama.

Apabila tidak suka dengan aroam dan rasanya, aduk dan remas-remas potongan lobak dengan garam secukupnya agar rasa getir dan aroma langu hilang. Cuci bersih dan tiriskan. Lobak siap diolah.


sumber : http://www.detikfood.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda