2011/12/12

Wayang Kulit Meriahkan Bersih Desa Karangtengah

Tampak kegiatan selamatan mengawali rangkaian Bersih Desa di Kelurahan Karangtengah.
Perayaan Bersih Desa yang jatuh pada hari Jum’at Legi bulan Suro di Kelurahan Karangtengah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar tahun 2011. dikemas  melalui kegiatan budaya. Jika beberapa perayaan Bersih Desa pada tahun sebelumnya hanya diisi dengan kegiatan selamatan saja, kali ini dirayakan lebih meriah lagi. Yaitu yang diawali dengan selamatan di Balai Kelurahan Karangtengah dan nyekar ke-3 pepunden di wilayah Kelurahan Karangtengah, dengan arak-arakan pawai memakai pakaian adat, Kamis sore (8/12).


M Hasir, Kepala Kelurahan Karangtengah Kecamatan Sananwetan Kota Blitar saat di Konfirmasi di Balai Kelurahan Kamis sore (8/12) mengatakan, kegiatan Bersih Desa kali ini di awali dengan selamatan di Balai Kelurahan, dilanjutkan nyekar, adapun rombongan nyekar menggunakan pakaian adat dengan mengendarai becak serta arak-arakan sepeda motor menuju pepunden Karangtengah, pepunden Ploso Tengah dan Sumber Belimbing. Kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan pada Jum’at (9/12), yang disi dengan kegiatan bazaar di sepanjang Jl. Sumba yang diikuti sekitar 25 stand dan pada malam hari digelar pagelaran wayang kulit, dengan menghadirkan dalang Ki. Yuwono dari Kabupaten Banyuwangi, dengan mengambil lakon Wahyu Mustiko Aji.

Dalam acara ini pihaknya sengaja mengundang sejumlah pejabat, mulai dari Walikota, Kapolres Kota dan Kabupaten Blitar, serta Kodim 0808. Karena pelaksanaan Bersih Desa kali ini sebagai ajang promosi budaya, yang diharapkan kedepan bisa menjadi salah satu daya tarik wisata budaya di Kota Blitar.

Lebih lanjut Hasir menambahkan, dalam kegiatan ini mayoritas merupakan swadaya masyarakat, sebab dalam anggaran kelurahan, kegiatan tahun 2011 ini hanya dialokasikan dana sekitar Rp. 5 juta. Namun diharapkan bisa maksimal dan bisa menjadi agenda rutin masyarakat Kelurahan Karangtengah setiap tahunnya.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda