2011/04/25

Lomba Jambore Bagi Kader Posyandu

Untuk menerapkan tiga fungsi Puskesmas satu diantaranya pemberdayaan masyarakat melalui kader posyandu, dengan konsep pemahaman masyarakat yang mengarah ke paradigma sehat di Puskesmas, yang mana peran Puskesmas tidak hanya untuk berobat saja. Melainkan, untuk berbagai kegiatan diantaranya, konsultasi mengenai gizi, sanitasi, kesehatan reproduksi remaja hingga untuk kegiatan lomba jambore kader posyandu di UPTD Kesehatan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Rabu, (20/4).

Didik Djumianto, SKM, Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, ketika dikonfirmasi disela-sela lomba mengatakan, lomba jambore kader posyandu ini diikuti sekitar 21 peserta. Masing-masing kelurahan mengirim 3 perwakilannya untuk mengikuti lomba ini. Kemudian diambil tiga pemenang, juara 1, 2 dan 3, untuk maju ditingkat Kota Blitar dengan waktu yang belum diketahui, bersama 6 perwakilan dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Sukorejo dan Kecamatan Kepanjenkidul. Dalam lomba ini peserta harus mengikuti tes tulis, praktek dan tehnik penyuluhan baik mengenai gizi seimbang yang ada dilingkungan masing-masing, praktek kegiatan di lima meja posyandu. Meliputi, meja 1 menangani pendaftaran, meja 2 penimbangan, meja 3 pencatatan, meja 4 penyuluhan dan meja 5 pelayanan imunisasi. Selain itu, penyuluhan kelompok dengan menggunakan panggung boneka.
Sementara itu, Ismariati, kader posyandu Dewi Ratih, Kelurahan Sananwetan Kecamatan Sananwetan Kota Blitar ketika ditemui disela-sela lomba mengatakan, dengan mengikuti lomba ini bisa menambah pengalaman dan memacu semangatnya untuk membantu masyarakat dalam layanan kesehatan, khususnya bagi balita, ibu hamil, menyusui dan pengunjung posyandu.  Dalam lomba ini Isma mengaku siap menang dan maju ketingkat kota.
Adapun untuk nama-nama pemenang dalam lomba ini, UPTD Kesehatan Kecamatan Sananwetan mendapatkan kesempatan hingga 25 April mendatang, untuk dikirim ke Dinas Kesehatan Kota Blitar. Sedangkan dalam perlombaan ini telah diketahui tiga besar yang berhak maju ditingkat Kota Blitar. Diantaranya, juara 1, Dian Mustika Sari, kader posyandu Dewi Tara, Kelurahan Sananwetan, juara 2 Dwi Retnoningsih, Kader Posyandu Kerantil Kelurahan Karangtengah dan juara 3 Ismariati Kader Posyandu Dewi Ratih, Kelurahan Sananwetan. Selanjutnya, para pemenang akan diberikan pembinaan lebih intens sebagai persiapan maju ketingkat Kota Blitar.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda