2011/05/20

Dewan Minta Mutu Pendidikan Untuk Dievaluasi

Masih tingginya angka ketidak lulusan siswa SLTA di Kota Blitar yang mencapai angka 23 siswa atau lebih banyak dibandingkan siswa Kabupaten Blitar yang mencapai sekitar 7 siswa, membuat Heru Sunaryanta, SH, wakil ketua DPRD Kota Blitar, prihatin. Politisi dari partai demokrat ini meminta agar Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kota Blitar melakukan evaluasi mutu pendidikan di Kota Blitar.
Heru saat dikonfirmasi dikantornya Rabu (18/5) mengatakan, pendidikan selama ini menjadi program prioritas di Kota Blitar, baik dari sisi anggaran maupun kebijakannya dengan harapan mutu pendidikan semakin baik, sehingga pada tahun 2011 ini agar warga Kota Blitar bisa merasakan pendidikan, digelontorkan anggaran hingga sekitar Rp. 9,4 milyar untuk pendidikan gratis.

”Namun jika dalam perkembangannya diketahui mutu pendidikan di Kota Blitar melalui hasil ujian nasional tingkat SLTA kemarin masih kurang memuaskan karena, angka ketidak lulusannya mencapai 23 siswa, baik SMA, SMK maupun MA, maka Dikda perlu melakukan evaluasi mutu pendidikan selama ini,” imbuhnya.
Heru menambahkan, jika dilihat dari luas wilayah maupun jumlah peserta ujian nasional, Kabupaten Blitar lebih luas dan jumlah peserta ujian nasionalnya lebih banyak, namun Kabupaten Blitar angka ketidak lulusannya hanya 7 orang, dengan rincian jumlah siswa tidak lulus, SMA 3 siswa dan MA 4 siswa, dengan total peserta UNAS sekitar 6.014 siswa.
Sementara itu Drs. Santoso, M.Pd, Kepala Dikda Kota Blitar saat dikonfirmasi mengenahi hal ini mengatakan, sebenarnya upaya persiapan Unas yang dilakukan sekolah sudah maksimal. Sehingga diprediksi bagi siswa yang tidak berhasil karena kesiapan siswa itu sendiri yang masih kurang. Dimana dari total sekitar 4.949 siswa SMA, MA dan SMK peserta UN 23 siswa tidak lulus. Diantara lembaga sekolah yang siswanya tidak lulus, SMA Taman Madya sebanyak 6 siswa, MA Ma’arif NU sebanyak 5 siswa, SMA YP Kodya 4 siswa dan SMKN 1 Kota Blitar 1 siswa.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda