2011/05/23

Kota Blitar Kembali Ikuti Festifal Pedalangan

Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar kembali mengikut sertakan para seniman binaannya untuk mengikuti festifal pedalangan tingkat propinsi Jawa Timur. Festifal pedalangan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur ini berlangsung di Jl. Genteng Kali Surabaya, pada tanggal 19 hingga 21 Mei 2011. Wakil Kota Blitar yang dikirim pada event seni budaya ini adalah Ki Rudianto yang lebih dikenal dengan nama Rudi Gareng dari Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.
Djoko Haryanto, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Kominparda Kota Blitar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis siang (19/5) mengatakan, dalam festifal pedalangan se Jawa Timur tahun ini Dinas Kominparda Kota Blitar mengirimkan sekitar 35 seniman untuk mendukung Ki Rudianto. Baik seniman pengrawit maupun sinden nya sekalian. Sejumlah seniman Kota Blitar ini tampil dihari pertama, Kamis malam mulai sekitar pukul 22.30 wib, dengan nomor peserta 06 dari seluruh peserta sebanyak 23 wakil dari daerah Kota dan Kabupaten se-Jawa Timur. Wakil Kota Blitar ini membawakan lakon Sugriwo Subali yang didalamnya ada cerita ke angkara murkaan.

‘’Kota Blitar sengaja memilih Ki Rudi karena berdasarkan ketentuan dari Propinsi ada pembatasan usia maksimal 35 tahun dan wakil Kota Blitar belum mencapai batas usia,’’ imbuh Djoko.
Djoko menambahkan, dalam festifal pedalangan ini yang dilomba tidak hanya dalangnya saja, namun juga sinden dan pengrawit khususnya pengendang. Karena ini perlombaan berharap yang terbaik. Namun tidak ada target juara. Karena menurutnya yang terpenting ikut berpartisipasi dan dikenal di Jawa Timur, bahwa Kota Blitar juga membina budaya khususnya pedalangan.


sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda