2011/05/24

Penanggulangan Bencana, Manfaatkan Bakesbang Pol Linmas

Kejadian gempa yang mengguncang Blitar beberapa hari lalu mendapat perhatian pemerintah Kota Blitar, kendati kota ini relatif aman dari bencana, namun langkah antisipasi terus dilakukan. Secara tehnis karena Kota Blitar tidak memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah, maka segala hal yang berurusan dengan penanggulangan bencana menjadi kewenangan dan tanggung jawab dari Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Linmas (Bakesbang Pol linmas).
Hal itu seperti diungkapkan Syarif Genda, S.Sos, MSI, Kepala Bakesbang Politik dan Linmas Kota Blitar. Menyusul gempa yang mengguncang Blitar beberapa hari lalu, langkah antisipasi bencana dilakukan oleh Bakesbang Politik dan Linmas, satu diantaranya dengan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, kemungkinan munculnya bencana pasca gempa.
Namun gempa kemarin diketahui tidak berdampak pada kerusakan infrastruktur di Kota Blitar, sehingga tidak perlu ada yang dihawatirkan. Di sisi lain pihaknya juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, jika dalam perkembangannya ada bencana, baik yang ditimbulkan pasca gempa kemarin, maupun bencana alam lain diseputar Kota Blitar.
Sementara itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di Kota Blitar, pemerintah Kota Blitar juga mengalokasikan dana di pos dana cadangan jika terjadi kerusakan infrastruktur atau untuk memberikan bantuan ketika ada bencana, namun ditanya lebih detail nominal anggaran dimaksud, Syarif Genda belum bisa menyebutkan.(yuk)
 
sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda