2011/06/30

Pecahkan Masalah Sampah Dengan Rapat Koordinasi

Pembuangan sampah Kota Blitar ke Maliran Kabupaten Blitar yang sebelumnya ditolak oleh sejumlah warga setempat, bahkan sudah ada surat penolakan yang dilayangkan ke Walikota Blitar, mulai direspon pemerintah. Dalam waktu dekat direncanakan akan ada rapat koordinasi antara pemerintah Kota Blitar dengan Bupati Blitar beserta jajarannya untuk membicarakan hal ini.

Hal itu seperti diungkapkan Muhamad Samanhudi Anwar, Walikota Blitar. Pengurukan jurang di Maliran, melalui pembuangan sampah dari Kota Blitar merupakan permintaan warga yang ada di sana, sementara jika saat ini ada sejumlah warga yang menolak menurutnya itu hanya beberapa orang saja, sedangkan angka mayoritas warga Maliran masih tetap mendukung pembuangan sampah dari Kota Blitar ini. Dan hingga saat inipun pembuangan sampah ke Kabupaten Blitar masih berjalan.

Disinggung mengenai tanggapan pemerintah terhadap surat yang dilayangkan pemerintah Kabupaten Blitar ke Pemkot Blitar, Walikota mengaku dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan Bupati Blitar beserta jajarannya untuk membicarakan masalah ini. Namun saat inipun pemerintah Kota Blitar telah menyiapkan solusi untuk mengolah sampah yang dihasilkan Kota Blitar tanpa harus membuangnya ke Kabupaten Blitar, dengan membuat Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPA) terpadu, yang pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) mendatang sudah mulai dianggarkan, sehingga pada tahun 2012 mendatang, TPA sampah terpadu dengan lahan sekitar 4 ha di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan ini sudah terbangun.

Sementara itu menurut data yang ada di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Blitar, dari sekitar 215 meter kubik sampah per hari yang dihasilkan Kota Blitar sekitar 60 % nya dibuang ke Kabupaten Blitar.(yuk)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda