2011/10/21

Pasca Pelaksanan Bimtek, Tetap Lakukan Pendampingan


Gambar: Kegiatan Pendampingan Penerapan OSS di Kec. Sukorejo
Pasca pelaksanaan bimbingan teknis (bimtek) Penerapan Penggunaan Software Legal / Open Source Software (OSS) selama 3 hari di LEC Garum beberapa waktu yang lalu, sebanyak 65 operator komputer di tiap-tiap SKPD yang ada di Pemerintah Kota Blitar diharapkan bisa mengoperasionalkan program OSS, satu diantarnya Sistem Operasi Linux. Sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis ini, Dinas Kominparda Kota Blitar telah memberikan beberapa dukungan teknis, baik melalui media online www.bk-goss.blitarkota.go.id maupun pendampingan langsung kepada operator yang ada di tiap-tiap SKPD dalam memberikan solusi terhadap permasalahan implementasi OSS di kantornya.


Ardi Friyatna, S.Kom, salah satu petugas pendamping dari Dinas Kominparda saat dikonfirmasi disela-sela pelaksanaan pendampingan bantuan teknis di Kecamatan Sukorejo Kamis siang (20/10) mengatakan, kegiatan pendampingan ini dilakukan dikarenakan operator yang ada di tiap-tiap SKPD masih mengalami kendala dalam penggunaan sistem operasi linux, misalnya dalam hal driver printernya yang belum terdeksi.

“Secara garis besar penggunaan linux hampir sama dengan sistem operasi windows dan yang banyak dikeluhkan adalah permasalahan tentang driver perangkat keras yang dimiliki dan keterbatasan fitur yang dimiliki pada aplikasi berbasis free open source software,” imbuh pria yang juga sebagai staf dinas Kominparda kota Blitar ini.

Sementara itu Hamdana Ilmaya Mazidian, staf Kecamatan Sukorejo yang juga sebagai peserta bimtek saat dikonfirmasi terpisah di ruang kerjanya mengatakan, dengan adanya pendampingan langsung ini, pihaknya sangat terbantu karena selama ini masih kesulitan dalam mengoperasionalkan program linux, seperti cara instalasi driver printer yang saat ini ia keluhkan.

"Meskipun pasca mengikuti bimtek ia mencari informasi di internet, namun pihaknya tetap mengalami kesulitan saat menjalankan petunjuk-petunjuk yang didapatkannya", imbuh Ilma

sumber : blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda