2011/10/14

Pemkot Blitar Sambut Pelaksanan Sensus Pajak

Secara serentak di seluruh Indonesia, pada hari Jum’at (30/9) telah dilaksanakan launching sensus pajak. Di Kota Blitar sendiri dilaksanakan di halaman kantor Walikota Blitar.

Hening Widyarsih, Kasi Pelayanan KPP Pratama Blitar saat dikonfirmasi seusai kegiatan Jumat siang (30/9) menjelaskan, untuk memaksimalkan sensus telah dibentuk 30 kelompok petugas, masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang. Pasca launching mereka langsung mensensus untuk kawasan bisnis Kota Blitar di Jl. Merdeka. Masing-masing responden baik yang sudah tercatat sebagai subyek pajak maupun belum akan mendapatkan formulir isian sensus, yang berisi identitas-status tempat tinggal, tanggungan, sumber penghasilan dan lainya.


Menurut Hening, pelaksanaan sensus pajak ini memberikan banyak manfaat. Bagi pemerintah sensus pajak digunakan untuk menyiapkan data yang akurat atas potensi pajak dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak. Sedangkan bagi wajib pajak bermanfaat untuk mendapatkan keadilan dalam berusaha.

Hal senada juga disampaikan Drs. Ichwanto, M.AP, Sekretaris Daerah Kota Blitar, dengan sensus pajak akan diketahui basis data secara benar. Selanjutnya data yang akurat atas potensi pajak itu akan digunakan untuk meningkatkan penerimaan pajak, mengingat tanpa pajak, pemerintah tidak bisa melakukan pembangunan. Untuk itu pihaknya mengaku akan membantu semaksimal mungkin kegiatan sensus pajak ini dengan cara meminta warga melalui lurah untuk menjadi responden yang jujur.

Pelaksanaan sensus pajak nasional ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilaksanakan mulai 30 September ini dan berlanjut pada tahun berikutnya.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda