2011/10/28

Pentingnya Gosok Gigi Dengan Benar

Mulai pada tanggal 1 Oktober hingga 29 Oktober 2011 ini, petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan melakukan penyuluhan dan pembagian sikat gigi, gelas kumur serta pasta gigi, sebagai upaya kesehatan gigi sekolah, di 26 SD dan MI se- Kecamatan Sananwetan. Untuk Rabu pagi (26/10) giliran untuk siswa - siswi SDN Rembang 01 Kota Blitar.


dr. Yenny Candra Sari, Dokter gigi UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan, selaku petugas penyuluhan di SDN Rembang 01 saat dikonfirmasi setelah memberikan penyuluhan di SDN 1 Rembang Rabu (26/10) menjelaskan, penyuluhan kali ini difokuskan untuk murid kelas 1. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan secara dini tentang tehnik menyikat gigi yang benar sejak dini, yang akan berlanjut hingga usia dewasa. Sehingga mereka bisa meminimalisir timbulnya penyakit gigi, seperti gigi berlubang dan penyakit gigi lainya.

Berdasarkan pengamatanya, mayoritas murid kelas 1 salah dalam tehnik menyikat gigi. Mereka menyikat permukaan gigi dari arah belakang ke depan. Jika hal ini dilakukan terus menerus menyebabkan gigi terkikis dan muncul rasa ngilu. Selain itu akar gigi yang seharusnya tidak kelihatan menjadi kelihatan. Oleh karena itu dalam penyuluhan pihaknya mengajarkan tehnik sikat gigi yang benar. Untuk gigi luar maupun dalam, gigi sebelah atas disikat dari atas ke bawah, sementara gigi bagian bawah disikat dari bawah ke atas. Untuk permukaan gigi, tehnik menyikat dilakukan dengan maju mundur.

”Sebanyak 41 anak merespon positif penyuluhan ini. Terbukti pasca penyuluhan dan pembagian gelas kumur, sikat dan pasta gigi, masing - masing anak mau dan bisa mempraktekkan cara menyikat gigi dengan benar,” imbuh Yenny.

Sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5490:pentingnya-gosok-gigi-dengan-benar&catid=81:potensi 

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda