2011/10/07

PT Kereta Api Tak Akan Jual Karcis Berdiri


Gambar : Para penumpang saat menunggu kedatangan kereta api.

Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 1 Oktober 2011 nanti hanya menjual tiket kereta sesuai jumlah tempat duduk yang ada. Hal ini berlaku untuk semua kelas kereta, baik eksekutif, bisnis, maupun ekonomi. Kebijakan ini sesuai keputusan dari direksi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kepada seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Blitar.



Mawan Nofianto, Kepala Stasiun Kereta Api Blitar saat dikonfirmasi disela-sela kegiatannya Kamis (29/9) menjelaskan, semua penumpang kereta jarak jauh Blitar – Jakarta baik kelas ekonomi dengan KA Mataremaja, kelas bisnis KA Senja Kediri dan kelas executive KA Gajayana dan Malabar dipastikan mendapat nomor tempat duduk. ”Dan tidak lagi berjubel atau duduk di bawah, sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman bagi penumpang kereta api. Apalagi saat ini untuk tiket kereta api kelas ekonomi bisa dipesan H-7,” pungkas Mawan.

”Namun hal itu tidak berlaku untuk kereta api lokal yang melayani jarak dekat Blitar – Surabaya, baik melalui Malang dengan KA Penataran atau lewat Kertosono dengan KA Doho. Untuk jarak ini diberlakukan kapasitas maksimum 125 persen, dengan kata lain 25 persen disetiap gerbong masih berdiri,” tambah Mawan.

Lebih lanjut Marwan menambahkan, untuk mencegah penumpang tanpa karcis, sistem ring tetap diberlakukan, penumpang yang bertiket diperbolehkan masuk ke dalam peron maksimal 1 jam sebelum kereta api berangkat. Jika masih ada penumpang yang nekat naik kereta api tanpa menggunakan tiket, akan ditertibkan dengan diturunkan pada stasiun terdekat.

Sekedar untuk diketahui bagi para pembaca, jumlah maksimum pergerbong untuk kereta api jarak jauh kelas ekonomi sebanyak 106, kerteta api kelas bisnis 64 dan kereta api executive sekitar 50. Sedangkan untuk jumlah maksimum pergerbong untuk kereta api jarak dekat, sekitar 131 penumpang.(ram)

sumber : http://blitarkota.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=5332

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda