2011/12/15

Ajak Warga Kota Blitar Bangun Jiwa Patriotisme

Pelaksanaan kegiatan seminar peningkatan wawasan kebangsaan.

Untuk menumbuhkan rasa patriotisme atau sikap pantang menyerah dan rasa nasionalisme terhadap anak bangsa, Bakesbang Pol Linmas Kota Blitar menggelar seminar wawasan kebangsaan bertema membangun jiwa patriotisme untuk meningkatkan rasa cinta tanah air di Aula PGSD, Selasa (13/12). Kegiatan itu diikuti perwakilan dari birokrat, organisasi wanita, pelajar, mahasiswa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.



H. Syarief Genda S.Sos, MSi, Kepala Bakesbang Pol Linmas Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan seminar Selasa (13/12) menilai, saat ini mulai terjadi pergeseran terhadap nilai pilar bangsa, baik itu pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika. Misalnya untuk lokal Blitar bisa dilihat, kebebasan dalam beribadah bagi masing-masing pemeluk agama sesuai sila pertama Pancasila masih belum berjalan, atau masih ada gangguan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.


Genda menambahkan selain itu seringkali di belahan Indonesia bagian timur, terjadi gejolak akibat perbedaan agama, ras atau suku. Untuk itulah, seminar wawasan kebangsaan bagi masyarakat Kota Blitar perlu dilaksanakan. Setidaknya tri kerukunan umat beragam mampu diimpelmentasikan, diantaranya kerukunan intern umat beragama-kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah.


Sementara itu Drs. Mudjiadi Assisten II pemerintah Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah mengatakan saat ini dengan kemajuan tehnologi menjadikan masyarakat lebih individu. Sehingga mereka mengesampingkan kehidupan sosialnya. Melalui seminar wawasan kebangsaan itu, diharapkan mampu meminimalisir fenomena itu.


Dalam kegiatan seminar ini panitia menghadirkan tiga narasumber, diantaranya Prof. Suko Wiyono, SA. MA, dari laboratorium Pancasila Universitas Negeri Malang, Drs. Hariadi, MSi dari Univeritas Airlangga Surabaya serta Dr. Soleh Muadi, SH.M.Si.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda