2011/04/27

Tekan Peredaran Minol Dengan Sosialisasi

Gambar : Kegiatan sosialisasi bahaya minol.
Sebanyak 150 peserta dari pengurus yayasan, ormas, lembaga swadaya masyarakat, PKK, OKP, tokoh agama, rohaniawan dan ulama mengikuti sosialisasi tentang bahaya minuman beralkohol (minol) bagi generasi bangsa, yang diselenggarakan oleh tim pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol Kota Blitar, di Aula Panti Sosial Remaja Terlantar, Senin, (25/4).

Drs. Joko Nurbatin, anggota tim pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, dengan menghadirkan beberapa peserta dari komunitas masyarakat ini, diharapkan bisa ikut membantu mensosialisasikan bahaya miras atau minol kepada warga masyarakat, sehingga, bisa menekan keberadaan minol dikota ini.
Sementara itu, Wahyu Tri Lukiono, SKM, Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Blitar yang sekaligus sebagai narasumber dalam sosialisasi ini saat dikonfirmasi mengatakan, dalam kesempatan ini, pihaknya memberi materi tentang bahaya minol oplosan. Menurutnya untuk miras oplosan ini kadar alkoholnya tidak terukur. Disamping itu, minuman beralkohol yang oplosan ini, banyak terkandung zat-zat yang membahayakan. Misalnya, dicampur minuman suplemen, spiritus diencerkan yang mengakibatkan peminum mengalami kebutaan hingga meninggal dunia.
Dilain pihak Wiwin, salah satu peserta sosialisasi dari Kelurahan Blitar mengatakan, sebagai ibu pihaknya berkewajiban untuk menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada putra-putrinya serta anggota PKK lainnya di Kelurahan Blitar. Dengan harapan, masyarakat paham, mengerti tentang bahayanya miras ini.
Sedangkan produk minuman beralkohol  hasil industri didalam negeri dan produk impor dikelompokkan dalam golongan diantaranya, golongan A minol dengan kadar ethanol lebih dari 1 % s/d 5 %. Golongan B 5 % s/d 20 % dan golongan C dengan kadar ethanol 20 % hingga 55 %.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda