2011/05/25

Adakan Pelatihan Kerja Untuk Kurangi Pengangguran

Gambar : Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar, SH, saat membuka pelatihan kerja dan kewirausahaan
Semakin meningkatnya angka pengangguran di Kota Blitar yang mencapai sekitar 1800 orang, membuat pemerintah Kota Blitar terus melakukan terobosan, untuk mengurangi jumlah mereka. Satu diantaranya melalui pelatihan kerja dan kewirausahaan yang digelar oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (dinsosnaker) Kota Blitar, yang berlangsung Loka Bina Karya (LBK) Kelurahan Tanggung, Senin, (23/5). Dan acara ini secara resmi dibuka oleh Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar, SH.

Muhammad Samanhudi Anwar, SH, Walikota Blitar, ketika dikonfirmasi usai membuka pelatihan ini mengatakan, hasil dari kegiatan ini sebaiknya diterapkan didaerah masing-masing, dengan berwirausaha. Selain itu, APBD Pro Rakyat merupakan satu diantara motivasi yang diberikan kepada rakyat Kota Blitar agar tidak ada pengangguran, sehingga bisa tercipta lapangan kerja sendiri.
Secara tehnis Setija Basuki, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Blitar menjelaskan, pelatihan ini digelar dengan memanfaatkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Selain untuk mengurangi pengangguran, program ini juga untuk mengantisipasi PHK para pekerja dari perusahaan rokok yang ada di Kota Blitar. Secara teknis kegiatan ini dilakukan secara bertahap, mulai bulan Mei hingga Juli mendatang. Dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Koperasi dan UKM, Disperindag Kota Blitar dan Dinas Pertanian Kota Blitar dengan 5 instruktur dari sebuah lembaga kursus di Kota Blitar, masing-masing pelatihan sablon, menjahit, bordir, service mesin cuci dan kulkas, pelatihan kewirausahaan.
Hal senada juga diungkapkan oleh Drs. Teteng Rukmocondrono, Kepala Dinas Pertanian daerah Kota Blitar. Keterkaitan Dinas Pertanian dengan pelatihan yang digelar oleh Dinsosnaker ini, untuk pelatihan kewirausahaan, para peserta bisa mengambil peluang ini, untuk meniti usahanya. Baik berwirausaha untuk budidaya koi, pembuatan pupuk organik, budidaya jamur dan usaha lainnya. Jadwal Dinas Pertanian dalam kegiatan ini mendapat giliran untuk memberikan pelatihan pada minggu kedua, akhir bulan Mei mendatang.
Sedangkan bagi para peserta akan mendapatkan sertifikat dan peralatan kerja sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan harapan para peserta bisa menjadi wirausahawan baru dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda