2011/05/30

Bedol Pusoko Dialihkan ke Rumah Dinas Walikota

Gambar : Pelaksanaan bedolan pusoko pada tahun 2010 lalu. 
Jika rencana awal bedolan pusoko yang menjadi rangkaian dari upacara Grebeg Pancasila tahun 2011 dilakukan di Istana Gebang menuju ke kantor pemerintah Kota Blitar, setelah ada pertemuan panitia dan mendapat persetujuan Walikota Blitar, ada komitmen tentang perubahan acara bedolan pusoko yang dilaksanakan malam sebelum upacara budaya Grebeg Pancasila berlangsung, 31 Mei 2011 pada malam hari, dialihkan menjadi di rumah dinas Walikota Blitar.

Djoko Haryanto, Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Komunikasi Informatika dan Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar saat dikonfirmasi dikantornya Kamis (26/5) mengatakan, dengan adanya perubahan rangkaian Grebeg Pancasila, yaitu pada perpindahan bedolan pusoko dari Istana Gebang ke rumah dinas Walikota Blitar, itu dilakukan karena Istana Gebang masih ada permasalahan yang perlu diselesaikan di internal keluarga. Diharapkan perubahan ini hanya terjadi tahun ini saja dan tahun depan bisa kembali dilakukan di Istana Gebang.
Menyinggung tentang benda-benda pusaka yang akan dikirab, diantaranya berupa bendera pusaka, Garuda Pancasila, teks pidato Bung Karno 1 Juni dan foto Bung Karno. Dikatakan, sebelum bedolan berlangsung akan diboyong dari Istana Gebang ke rumah dinas Walikota. Sementara itu petugas sebagai bregodo dalam prosesi bedolan Pusoko nanti, bregodo siji diperankan Ki Erwin, seorang seniman dalang wayang kulit Kota Blitar dan didukung para seniman yang tergabung dalam Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Blitar yang masuk bregodo enam. Sedangkan petugas bregodo patang puluh limo, diperankan oleh pelajar SMK Katolik Kota Blitar. Ada sekitar 50 pelajar yang berperan sebagai bregodo, sebanyak 45 pemeran inti dan yang lima sebagai cadangan.  

‘’Sebelum melaksanakan tugasnya puluhan pelajar ini telah diberi pengarahan dan motifasi di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Pariwisata Daerah (Kominparda) Kota Blitar, Rabu siang  (25/5),’’ imbuh Djoko.(der)

sumber: (http://www.blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda