2011/05/24

Bentuk Usaha, Untuk Kembangkan Perekonomian


Dilatarbelakangi dengan potensi warga RT 01, RW 01, Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, yang mayoritas pekerja bidang pembangunan. Bersama 20 anggota dari masyarakat setempat bergabung di kelompok usaha bersama (kube) mandiri, dengan usaha cetak batako. Kelompok ini sudah melaksanakan aktivitasnya dan berjalan sekitar tujuh hari, yang sebelumnya keberadaannya, diresmikan langsung oleh pihak kelurahan. Munculnya inisiatif masyarakat mengembangkan usaha ini untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga setempat.

Lokasi usaha yang digunakan untuk aktivitas cetak batako ini diatas lahan kosong, dengan luas sekitar 50 (ru) atas seijin pemilik sebuah Pondok Pesantren diwilayah setempat, yang masih belum dioperasional. Sehingga warga bisa leluasa menggunakan fasilitas ini untuk kegiatan pemberdayaan.


Prapto, sekretaris kelompok usaha bersama mandiri (kube), RT 01/RW 01, Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, ketika ditemui dilokasi usaha cetak batako ini mengatakan, secara teknis 20 anggota kelompok ini menanamkan sahamnya kepada kube mandiri secara variatif. Dengan harga saham per lembar  Rp. 5.000,- yang dikhususkan untuk RT ini.

Prapto menambahkan, saham yang sudah ditanam ini, untuk bagi hasilnya baru dilakukan saat audit atau tutup buku setahun kedepan. Misal, jika modal usaha terkumpul Rp. 10 juta, kemudian bisa menjual batako melebihi modal usaha, misalnya sekitar Rp. 50 juta, keuntungan Rp. 40 juta akan dibagikan kepada anggota sesuai dengan saham yang sudah ditanam. Selain anggota, enam pekerja yang diberdayakan untuk mengolah batako ini juga akan diikutkan dalam tanam saham dikelompok ini, minimal Rp. 5.000. Jika para pekerja ini, tidak bisa membayar langsung saham mereka maka, pengurus kube mandiri akan memotong sebagian upahnya bekerja sekitar Rp. 50 ribu, dari hasil kerjanya sebanyak Rp. 350.000,- per 1.000 batako. Hal ini, dilakukan, selain untuk menambah ekonomi, juga untuk tabungan para pekerja.

Sementara itu dari usaha murni dari masyarakat ini sudah mulai berjalan dan sudah mendapatkan order pengiriman batako kepada klien sekitar 20 ribu batako, dengan harga pokok dari kube mandiri per biji sekitar Rp.1.400.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda