2011/05/05

Penilaian Lomba KUA dan Keluarga Sakinah Teladan

Gambar : Sekda Kota Blitar saat memberikan sambutan dalam rangka penilaian lomba KUA dan lomba keluarga sakinah.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukorejo dan keluarga dari pasangan H. Sibro Malisi dan Hj. Siti Rohmah mendapat kepercayaan mewakili wilayah Karisidenan Kediri dalam lomba KUA dan keluarga sakinah teladan tingkat propinsi Jawa Timur tahun 2011. Sehingga kantor yang melayani urusan keagamaan dan warga Jl. Biak Kota Blitar ini menjadi sasaran penilaian dari tim penilai dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama Propinsi Jawa Timur Jawa Timur, Senin (2/5).

H. Nurkholis, SH, M.Ag, Kepala Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) Kanwil Kemenag Agama Propinsi Jawa Timur saat dikonfirma di disela sela penilaian mengatakan, dalam penilaian ini melibatkan sebanyak 5 personil. Fokus penilaian dari tim penilai mengarah pada visi misi KUA yang mengarah pada program kerja. Motto KUA dalam menyemangati para petugasnya, SDM kepala KUA hingga staf stafnya, sarana prasarana termasuk kepeduliannya terhadap tempat ibadah, pengetahuan hukum seperti hukum pernikahan.

Lebih lanjut Nurkholis menambahkan, penilaian kali ini tidak hanya dalam hal administrasi saja, namun juga melihat pelayanan secara langsung dan wawancara kepada para personil yang ada. Termasuk dalam lomba keluarga sakinah. Penilaian dilakukan hingga ke lingkungan rumahnya. Sedangkan se-Jawa Timur ada tujuh daerah yang menjadi sasaran penilaian. Hingga saat ini masih sekitar empat daerah, sehingga belum bisa menentukan daerah mana yang terbaik. Hasilnya baru bisa diketahui sekitar pertengahan bulan Mei 2011 mendatang.

Sementara itu menurut Drs. Ichwanto, M.AP, Sekretaris Daerah Kota Blitar, tujuan jangka pendek memang berharap berhasilnya meraih juara I tingkat propinsi melalui lomba ini. Namun yang terpenting tujuan jangka panjang, dapatnya memotifasi para petugas KUA dalam melayani masyarakat dan terbentuknya keluarga sakinah di tengah tengah masyarakat.

Dilain pihak Drs. H. Imam Muhlis, M.Pd, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah menyebutkan, Kota Blitar memilih KUA Kecamatan Sukorejo, karena KUA ini cukup berpotensi. Karena KUA Sukorejo ini bisa terukur dari pelayanan prima dalam urusan keagamaan. Selain unggul dalam hal fisik maupun SDM nya jika dibanding dengan KUA lain yang ada di Kota Blitar ini. Sedangkan untuk keluarga sakinah, pasangan H. Sibro Malisi dan Hj. Siti Rohmah bisa terpilih di tingkat Kota Blitar dan maju ke penilaian tingkat Propinsi Jawa Timur, karena keluarga ini unggul dalam beberapa kriteria. Diantaranya mengikuti program pemerintah Kota Blitar berupa KB dengan dua anak laki-laki dan perempuan yang saat ini berpendidikan S2 dan S1. Mementingkan ke Islaman dan Keimanan dalam menata kehidupan keluarga serta berakhlaqul karimah.

‘’Wakil dari Kota Blitar ini diharapkan bisa memenangkan event di tingkat Propinsi Jawa Timur dan maju ke tingkat nasional,‘’ harap Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Blitar.(der)

(sumber http://blitarkota.go.id)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda