2011/06/07

66 Pelajar SMP/MTs Dinyatakan Tidak Lulus

Berdasarkan hasil nilai kelulusan yang diambil dari pemerintah pusat yang sudah dikalkulasikan antara nilai ujian nasional dan nilai sekolah, yang kemudian dirapatkan, dievaluasi dan dicermati bersama kepala sekolah baik dari lembaga SMP maupun MTs negeri dan swasta di Kota Blitar, dari sekitar 3.497 pelajar kelas IX, 66 diantaranya dinyatakan tidak lulus sekolah. Pengumuman kelulusan telah disampaikan oleh Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar melalui lembaga sekolah masing-maisng, Sabtu (4/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Samsul Hadi, Kasi SMP/SMA Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Dinas Pendidikan Daerah kota Blitar saat dikonfirmasi di Dinas Pendidikan Kota Blitar Sabtu siang (4/6) menyebutkan, jumlah siswa untuk kelompok SMP baik negeri maupun swasta, dari 2.654 siswa, yang tidak lulus sebanyak 63 siswa. Sedangkan untuk pelajar MTs dari 843 siswa yang tidak lulus 3 siswa. Meski tidak menyebutkan secara pasti jumlah siswa yang lulus tahun ini lebih banyak dibanding dengan tahun sebelumnya.
‘’Sedangkan faktor ketidak lulusan, karena anak yang tidak mengikuti ujian nasional dihitung tidak lulus. Prediksi lain karena kurang kesiapan siswa dan nilai ujian nasional yang sangat minim,’’ tambah Samsul.
Lebih lanjut Samsul menambahkan, diantara lembaga sekolah yang siswanya tidak lulus cukup banyak dari SMPN 6 reguler sebanyak 18 anak dan SMPN 6 terbuka 10 anak. SMPN 10 reguler  sebanyak 11 anak dan dari SMPN 10 terbuka 10 anak. Meski ada beberapa lembaga sekolah yang diantara siswanya tidak lulus, namun ada lembaga sekolah yang siswa-siswinya bisa lulus 100 %, satu diantara SMPN 3 Kota Blitar.
Sementara itu Heri Sukanto, S.Pd, MPd, kepala SMPN 3 Kota Blitar yang salah satu lembaga sekolah yang anak didiknya bisa mampu lulusan 100 % saat di konfirmasi dikantornya Sabtu (4/6) mengatakan, keberhasilan ini berkat kesiapan dalam menghadapi ujian nasional baik yang dilakukan dewan guru maupun siswa dan hasil pembelajaran setiap hari yang memang selalu mengoptimalkan pembelajaran. Pengumuman kelulusan ini disampaikan melalui pengumuman secara langsung di halaman sekolah.
Heri menambahkan proses pengumuman di sekolahnya relative aman. Karena sekolah menyediakan kain putih sepanjang sekitar 20 meter yang dibentang di halaman sekolah. Untuk menyediakan fasilitas anak dalam mengekspresikan kegembiraan saat lulusan dengan membubuhkan tanda tangan di kain itu. Agar siswa tidak mencorat coret pakaian seragamnya.(der)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda