2011/06/08

Brokohan Untuk Peringati Lahirnya Sang Proklamator

Gambar : Pelaksanaan brokohan dalam rangka peringati lahirnya Sang Proklamator
Dengan tema radikalisasi ajaran Bung Karno sebagai solusi permasalahan bangsa, dalam rangka peringatan 110 tahun kelahiran pemimpin besar revolusi Presiden Pertama RI Ir. Sukarno, dewan pimpinan cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) bersama Pemerintah Kota Blitar, menggelar ritual brokohan atau kenduri dengan iringan seperangkat gamelan denga mengangkat tradisi budaya karawitan di halaman Makam Bung Karno, Senin (6/6).

Acara yang berisi ritual budaya kejawen brokohan dengan kemasan yang sederhana yakni menggelar karpet dan tikar. Acara yang melibatkan sekitar 250 undangan dari SKPD, ormas, organisasi ekstra kampus, LSM, tukang becak dan pedagang souvenir serta masyarakat Kota Blitar, bersama staf ahli Walikota, Drs. Djarot Syaiful Hidayat, MS, mantan Walikota Blitar beserta istri, Andreas Edison kaum Nasionalis Kota Blitar dan sejumlah tokoh ternama Kota dan Kabupaten Blitar.
 Purwoko, ketua panitia pengarah kegiatan peringatan 110 tahun lahirnya Bung Karno, ketika ditemui disela-sela acara mengatakan, kegiatan ini untuk memperingati 110 tahun lahirnya Bung Karno dan melestarikan budaya Jawa brokohan. Dengan harapan kedepan pelaksanaan kegiatan ini juga akan diagendakan setiap tahun pada bulan Juni sebagai tujuan wisata ideologis, yang merupakan bulan Bung Karno.
Sementara itu, usai melakukan orasi kebangsaan, Drs. Djarot Syaiful Hidayat, MS, mantan Walikota Blitar berharap, agenda seperti ini untuk tahun selanjutnya dikembangkan secara lebih kidmad dan seremonial serta dikemas dengan menarik, sehingga, makna yang terkandung dalam peringatan ini betul-betul melekat disanubari masyarakat pentingnya mengenal dan mengerti sejarah dan ajaran Bung Karno yang merupakan solusi permasalahan bangsa.
”Dengan peringatan ini mampu tercipta semangat untuk mengembalikan jati diri dan karakter bangsa ini yang digali oleh Bung Karno dan dirumuskan dalam Pancasila. Sehingga, bangsa ini bisa menghadapi jaman sekarang dan masa yang akan datang,” harap mantan Walikota Blitar ini.(ning)

sumber: (http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda