2011/06/17

Bulan Ini Anggaran Pendidikan Gratis Cair

Gambar: Kantor Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar
Pada tahun 2011 ini dibidang pendidikan, Kota Blitar mendapatkan penghargaan, berupa education award widya karya nugraha atas komitment kepala daerah dalam pengembangan dan pendidikan gratis 12 tahun. Satu diantaranya melalui realisasi sekolah atau pendidikan gratis, yang pada tahun 2011 ini dialokasikan dana sekitar Rp. 9,4 milyar.

Sementara itu, Drs. Santoso, MPd, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Kota Blitar saat dikonfirmasi Senin (13/6) mengatakan, karena masih ada sejumlah data dari lembaga sekolah yang salah, berkaitan dengan jumlah penerima program, maka anggaran pendidikan gratis baru cair sekitar akhir Juni 2011 ini. Secara tehnis anggaran yang diantaranya untuk membiayai operasional dan buku LKS ini akan ditransfer ke nomor rekening masing-masing sekolah. Jika anggaran sudah cair, lembaga sekolah dilarang melakukan pungutan apapun kepada siswa, jika ditemukan ada pungutan maka harus dikembalikan. Disinggung mengenai sejumlah pungutan yang sudah ditarik lembaga sekolah sejak Januari lalu, berbeda dari pernyataan sebelumnya oleh Damanhuri Kabid Bina Program, Dikda Kota Blitar yang akan dikembalikan, menurut Santoso, dana itu, misalnya pembelian LKS yang sudah ditarik tidak akan dikembalikan lagi.
Sementara itu realisasi pendidikan gratis masih dipertanyakan oleh Heru Sunaryanta, SH, wakil ketua DPRD Kota Blitar. Karena  sampai saat ini masih ada keluhan adanya pungutan, serta belum ada komunikasi antara eksekutif dengan legislatif mengenai konsep penerapan program pendidikan atau sekolah gratis, namun diharapkan program ini benar-benar mampu terealisasi dan tidak hanya sekedar janji pendidikan gratis.(yuk)

 sumber:(http://blitarkota.go.id/)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda