2011/08/10

Kenali Stres Normal dan Stres Gangguan

img 

Stres adalah suatu kondisi yang sering dialami oleh setiap orang. Tapi sebaiknya ketahui apakah stres yang dialami masuk ke dalam kondisi normal atau justru termasuk ke dalam gangguan.

Stres adalah reaksi psikologis dan fisik yang normal terhadap situasi positif atau negatif dalam hidup. Umumnya stres itu sendiri bukanlah suatu hal yang buruk atau tidak normal, tapi hal yang penting adalah bagaimana menangani stres tersebut.

Sejumlah perubahan hidup seperti pekerjaan, sekolah atau sakit bisa menyebabkan stres. Jika stres yang dialami normal, maka tubuh akan bisa menyesuaikan diri dan tidak mengganggu kehidupan. Tapi jika stres yang dialami terus menerus hingga mempengaruhi atau meruska kehidupan ada kemungkinan sudah mengalami gangguan.

Bila seseorang mengalami banyak kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan stres yang dialami serta mengganggu rutinitas sehari-hari, maka ada kemungkinan telah mengembangkan gangguan penyesuaian (adjustment disorder).

Gangguan penyesuaian adalah salah satu jenis stres yang berhubungan dengan penyakit mental yang bisa mempengaruhi perasaan, pikiran dan perilaku. Gangguan ini dapat terjadi pada orang dewasa atau pun anak-anak.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala dari gangguan penyesuaian, seperti dikutip dari Mayoclinic, Rabu (10/8/2011) yaitu:

  1. Kesedihan
  2. Menangis tersedu-sedu
  3. Memiliki pikiran untuk bunuh diri
  4. Khawatir yang berlebihan
  5. Memiliki masalah atau gangguan pada tidur
  6. Kesulitan berkonsentrasi
  7. Bermasalah dalam hal kinerja sekolah atau pekerjaan

Jika memiliki situasi stres dalam hidup, maka cobalah langkah-langkah mudah seperti berbicara dengan orang lain, berlatih yoga, meditasi, olahraga teratur dan menghindari pemicunya. Jika teknik ini tidak berhasil, maka mintalah bantuan dokter untuk mengatasi gangguan yang ada.


sumber : http://www.detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda