2011/08/04

Sedikit Olahraga Tetap Bermanfaat untuk Jantung

img

Selama ini orang berpikiran untuk mencegah penyakit jantung harus melakukan olahraga yang intens. Padahal aktivitas fisik yang sedikit tetap bisa bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.

Studi menemukan tidak perlu melakukan olahraga terlalu banyak untuk mendapatkan jantung yang sehat, karena olahraga yang sedikit kemungkinan bisa memberikan perlindungan terhadap risiko penyakit jantung.


Para ahli mengungkapkan bahwa setidaknya melakukan sedikit olahraga tetap lebih baik dibandingkan tidak berolahraga sama sekali, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (4/8/2011).

Para peneliti dari Harvard School of Public Health menuturkan olahraga selama 150 menit dalam waktu seminggu bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner sebesar 14 persen dibanding dengan orang yang secara fisik tidak pernah berolahraga.

Sementara itu risiko terkena penyakit jantung akan semakin menurun seiring dengan meningkatkan jumlah aktivitas fisik yang dilakukan. Diketahui melakukan aktivitas fisik sebanyak 300 menit dengan intensitas sedang bisa mengurangi risiko sebesar 20 persen.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti mengumpulkan data 3.000 aktivitas fisik dan berbagai penelitian mengenai penyakit jantung, sehingga bisa didapatkan ukuran kuantitatif dari aktivitas fisik yang berpengaruh terhadap risiko penyakit jantung.

Dalam review beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya diketahui bahwa hasil yang ditemukan lebih menonjol pada kaum perempuan dibanding dengan laki-laki, meskipun tidak diketahui dengan pasti apa alasannya.

Olahraga yang dilakukan untuk jantung umumnya meningkatkan pernapasan serta memperbaiki cara tubuh menggunakan oksigen. Hal ini akan membuat jantung lebih kuat dan efisien dalam memompa darah ke tubuh.

Beberapa olahraga kardiovaskuler yang diketahui baik untuk membantu jantung tetap sehat adalah jalan cepat, lari, berenang dan bersepeda.



sumber : http://www.detikhealth.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda