2011/10/28

2013, Pemkot Targetkan Punya TPA Ramah Lingkungan

Pemkot Bllitar menargetkan memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah ramah lingkungan pada tahun 2013 mendatang. Target tersebut disesuaikan dengan instruksi dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) seiring dengan diberlakukannya undang-undang tentang pengelolaan sampah.
Demikian diungkapkan Kepala Kantor Lingkungan Hidup Daerah (KLHD) Kota Blitar, Ir. Made Sukawardhika, Dip.L. Dia melanjutkan, di dalam prosesnya, pemkot saat ini tengah mempersiapkan lahan yang akan dibangun TPA tersebut beserta kajian dan studi kelayakan untuk itu.

Sesuai dengan instruksi dari Pemerintah RI, seluruh kabupaten dan kota yang ada di Indonesia sudah harus mempunyai TPA yang ramah lingkungan pada tahun 2013 mendatang. Dengan adanya TPA ramah lingkungan yang nantinya dikelola Dinas Kebersihan dan Pertamanan Daerah (DKPD) Kota Blitar, tidak akan ada lagi pembakaran sampah di Kota Blitar, terangnya.
Kepala KLHD Kota Blitar menambahkan, untuk membuat TPA yang ramah lingkungan tersebut, diperlukan alokasi anggaran yang besar. Dan untuk memenuhinya, pemkot akan melakukannya secara bertahap melalui alokasi anggaran yang bersifat multiyears hingga terealisasi pada tahun 2013 mendatang.
Banyak hal yang harus dibiayai untuk mewujudkan TPA yang ramah lingkungan tersebut, mengingat banyak komponen yang harus disediakan. Karena itulah, alokasi anggarannya akan dilakukan secara bertahap dengan sistem multiyears dan diselesaikan pada tahun anggaran 2013, jelasnya.
Sebagai persiapan awal, imbuh Kepala KLHD Kota Blitar, tahun 2011 ini dilakukan pembebasan lahan untuk TPA dan sosialisasi kepada warga sekitar; mengajak warga sekitar lokasi TPA untuk mengikuti studi banding. Kemudian, dilanjutkan dengan pengajuan proposal ke Pemerintah RI untuk meminta tambahan anggaran.
Pemkot Blitar sendiri tidak main-main dengan rencana ini mengingat bahwa kebutuhan akan adanya TPA yang ramah lingkungan dapat dikatakan sebagai prioritas. Karena itulah, pemkot akan berusaha mewujudkannya, meski dengan alokasi anggaran yang minim sekali pun, tanpa ada bantuan dari pihak mana pun, pungkasnya.

Sumber : http://info.blitarkota.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=11&artid=1303

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda