2011/10/24

Ajak Peduli Kesehatan Gigi Sejak Dini


Sebanyak 614 murid tingkat Sekolah Dasar kelas 6 di 16 SD dan MI se- Kecamatan Sananwetan dijadwalkan mengikuti program upaya kesehatan gigi sekolah (UKGS), yang telah dimulai 1 Oktober lalu hingga 29 Oktober 2011.


Didik Djumianto, SKM, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sananwetan, saat dikonfirmasi dikantornya Kamis (20/10) menjelaskan, program UKGS bersifat promotif dan preventif. Sehingga tim yang diterjunkan ke lembaga sekolah, secara bergiliran setiap hari Rabu dan Sabtu, memberikan penyuluhan bagi siswa mengenai tehnik menggosok gigi yang benar dan tentang kesehatan mulut. Setelah itu siswa diminta mempraktekkan, karena dalam kegiatan itu petugas juga membagikan gelas kumur, pasta gigi dan sikat gigi bagi masing-masing siswa. Menurutnya melalui program UKGS anak-anak SD mampu berperilaku sehat, rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari, setelah makan dan bangun tidur.


”Jika hal itu dilakukan, anak-anak akan memiliki gigi yang sehat, terbebas dengan karies, karang gigi dan gigi berlubang,” harap Didikl.


Lebih lanjut Didik menambahkan, untuk mengetahui dampak dari program UKGS, enam bulan ke depan pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kesehatan gigi dan mulut 614 anak itu.

sumber : blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda