2011/10/19

Kasus Difteri Alami Peningkatan

Ditengah - tengah kesibukan pemerintah Kota Blitar untuk melakukan antisipasi bertambahnya kasus Difteri, Dinas Kesehatan Kota Blitar justru mencatat ada kenaikan kasus Difteri di Kota Blitar, dari 3 kasus menjadi 4 kasus hingga 17 Oktober 2011 ini.


Pernyataan ini seperti diungkapkan Wahyu Tri Lukiono, Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Blitar saat dikonfirmasi menjelang rapat kerja bersama komisi I DPRD di gedung dewan Senin siang (17/10). Menurut data terakhir hingga Senin siang (17/10) kasus DIfteri di Kota Blitar ada 4 kasus, kasus terakhir korbannya anak usia 7 tahun yang saat ini menjalani perawatan intensif di RSK Budi Rahayu Kota Blitar. Munculnya kasus Difeteri ini diprediksi karena menurunnya sistem kekebalan tubuh pasien, meski sebelumnya telah mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

”Sementara untuk mengantisipasi agar kasus tidak semakin bertambah, Dinas Kesehatan Kota Blitar akan terus mensosialisasikan sekaligus menghimbau agar masyarakat memberikan imunisasi dasar lengkap bagi putra-putrinya,” imbuh Wahyu.

Sementara itu untuk mengantisipasi bertambahnya kasus penyakit mematikan yang rata - rata menyerang balita ini, komisi I DPRD Kota Blitar Senin siang (17/10) mengagendakan rapat kerja bersama Dinas Kesehatan Kota Blitar. Supriono, anggota komisi bidang pemerintahan ini meminta agar Dinas Kesehatan segera melakukan langkah konkrit dan dalam rapat ini Dinas Kesehatan mengaku siap mendirikan posko Difteri, sehingga pihaknya mendesak agar langkah ini segera direalisasi oleh Dinas Kesehatan Kota Blitar.

Sebelumnya kasus Difteri ini menjadi masalah regional Jawa Timur, bahkan pemerintah Propinsi Jawa Timur beberapa waktu lalu menetapkan KLB (kejadian Luar Biasa) untuk kasus Difteri. Karena dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, hanya 4 kabupaten saja yang dinyatakan tidak ada kasus Difteri, kecuali Kota Blitar.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda