2011/10/07

Miss Universe 2011 Cuek Main Tanah


KURANGNYA ruang terbuka hijau di Jakarta, ternyata menggeletik kepedulian Miss Universe 2011 Leila Lopes. Ia cuek dengan kondisi kotor ketika menanam pohon bakau.



Wanita 25 tahun ini rela berpanas-panasan dan membiarkan tangannya kotor saat menanam satu pohon bakau demi mendorong kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

"Mari kita melestarikan lingkungan demi kehidupan yang lebih baik," kata Leila usai proses penanaman pohon bakau di Ekowisata Mangrove Sudiatmo, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Kamis (6/10/2011).

Menurut data Green Network Indonesia, sebuah yayasan nirlaba peduli lingkungan, ruang terbuka hijau di Jakarta hanya ada 15 persen. Padahal idealnya menurut Undang-Undang Perhutanan, ruang terbuka hijau Jakarta adalah 30 persen.

"Realitanya, kebanyakan ruang terbuka hijau di Jakarta sudah menjadi lahan komersil. Itulah mengapa penyerapan air di ibu kota sangat buruk, terutama di musim penghujan. Hasilnya, banjir di mana-mana," sahut Dr Transtoto Handadhari selaku Ketua Umum Green Network Indonesia pada kesempatan yang sama.

Untuk diketahui, pohon bakau memiliki fungsi menjaga ekositem besar. Pohon bakau bisa menahan erupsi air laut dan tsunami.

"Pohon bakau seberat 2 kilogram bisa meredam ombak tsunami yang tadinya akan menerjang hingga 6 km menjadi hanya 600 m saja," tutup Dr Transtoto.

sumber:http://lifestyle.okezone.com/read/2011/10/06/29/511815/miss-universe-2011-cuek-main-tanah

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda