2011/10/07

Sebelum Diterapkan, Puluhan Operator Ikuti Bimtek


Gambar : Para peserta saat mengikuti bimtek OSS di lec Garum Kabupaten Blitar.

Sebagai tindak lanjut program penerapan software legal per 31 Desember 2011, Pemerintah kota Blitar telah menggelar sosialisasi penerapan pemantapan Software legal atau OSS di ruang Sasana Praja yang diikuti kepala SKPD awal pekan lalu.
Kemudian dilanjutkan dengan bimbingan tehnis (bimtek) dengan tema yang sama, selama tiga hari dimulai tanggal 4 Oktober, yang diikuti sebanyak 65 operator komputer dari masing-masing SKPD se Kota Blitar, di LEC Garum Kabupaten Blitar.

sumber : blitarkota.go.id

A.Abu Mansyur, SH. M.Si, Kepala Dinas Kominparda Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela kegiatannya Rabu (5/10) menjelaskan, selama tiga hari berturut-turut, peserta bimtek mendapatkan bekal tekhnis operasional program OSS. Diantaranya pengenalan sistem dasar dan sistem operasi linux, migrasi ke free OSS dan open office. Berbagai materi itu telah dituangkan dalam disk, sehingga selama bimtek masing-masing peserta setelah mendapatkan teori dari nara sumber langsung praktek.

Menurut Abu, pasca kegiatan bimtek ini, operator komputer harus mulai mengoperasikan program OSS. Mengingat pemerintah telah memberikan batasan, seluruh instansi pemerintah harus sudah menggunakan software legal paling lambat akhir tahun 2011. Apalagi migrasi ke program legal sebenarnya tidak terlalu sulit. Kesulitan terbesar adalah mengubah mindset (pola pikir), yang mengganggap program software illegal lebih mudah. Namun jika dalam perkembangannya masih tetap ada kesulitan, pihaknya siap melakukan pendampingan atau menggelar bimtek tambahan.

Dalam acara ini bimtek kali hadir sebagai nara sumber, Mh.Munzair, Singgih Yuniawan dan M. Sholeh. Ketiganya berasal dari Kementrian Komunikasi Informatika RI Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Direktorat Pemberdayaan Industri Informatika.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda