2011/11/29

Lestarikan Tradisi Bersih Desa Secara Turun-Temurun

Sudah menjadi tradisi di Dusun Balapan Kelurahan Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar setiap bulan Jawa Besar selalu menggelar upacara adat Bersih Desa. Pada tahun ini telah berlangsung Kamis sore (24/11).



Jito Baskoro, S.Sos, Lurah Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kota Blitar saat dikonfirmasi disela-sela Kegiatan Bersih Desa di Dusun Balapan Kamis (24/11) mengatakan Bersih Desa di Dusun Balapan merupakan tradisi secara turun menurun dilaksanakan setiap bulan Jawa Besar malam Jum’at Pahing. Tahun ini bertepatan pada hari Kamis sore (24/11) hingga malam.


“Jadwal kegiatan Bersih Desa ini hasil dari musyawarah antara tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat,” imbuh Jito.


Lebih lanjut Jito menambahkan pelaksanaan Bersih Desa ini diisi dengan kegiatan kirab utama atau kirab pokok yang berupa kirab sesaji. Dalam rangkaian kirab ini juga diisi dengan kirab pasukan pembawa bendera dan drum band dari MTs Diponegoro serta kirab kesenian jaranan sebanyak dua kelompok dari Lingkungan Balapan.


Kegiatan yang diberangkatkan oleh Haryanto, SE, Camat Sukorejo ini dimulai dari RW 14 menuju makam leluhur Mbah Supingi di lingkungan setempat diteruskan nyekar dan upacara nyadran serta doa bersama dan malam harinya dilanjutkan tahlil akbar di area makam leluhur Lingkungan Balapan.

Lurah Sukorejo ini berharap dengan adanya Bersih Desa ini masyarakat di Dusun Balapan khususnya mendapatkan berkah dan mendapatkan rizki sehingga bisa meraih kemakmuran. Selain terciptanya kerukunan dan keamanan khususnya di RW 12, RW 13 dan Rw 14 Kelurahan Sukorejo atau Lingkungan Balapan.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda