2011/11/28

Kreasikan Aneka Jamur Menjadi Produk Andalan Kota Blitar

Ny. Yuli Samanhudi Anwar, ketua tim penggerak PKK Kota Blitar saat membuka festival wisata kuliner.
Sebanyak 11 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang, menjadi peserta dalam festival wisata kuliner di anjungan PIPP Kota Blitar, Kamis pagi (24/11), yang diselenggarakan oleh Bidang Pariwisata Dinas Kominparda Kota Blitar.


A. Abu Mansyur, SH. MSi, Kepala Dinas Kominparda Kota Blitar ketika dikonfirmasi di sela-sela perlombaan Kamis pagi (24/11) menjelaskan untuk peserta festival tahun ini memang difokuskan bagi mereka yang telah memiliki keahlian dalam mengelola makanan, seperti dari restoran, catering, lesehan dan café. Namun ke depan pihaknya mengusahakan untuk melibatkan ibu-ibu dari tiap kelurahan untuk menjadi peserta festival wisata kuliner.

Menurut Abu tahun ini sengaja memilih menu utama jamur, mengingat jamur bernilai gizi tinggi, namun belum menjadi menu sehari-hari bagi warga. Sehingga dengan kekreatifan para koki dalam festival ini diharapkan bisa mampu memunculkan menu andalan dari jamur di Kota Blitar. Secara tidak langsung, dengan munculnya menu baru yang akan diminati masyarakat mampu mendongkrak budidaya jamur di Kota Blitar. 

Festival wisata kuliner jamur tahun 2011 ini dibuka oleh Ny. Yuli Samanhudi Anwar, ketua tim penggerak PKK Kota Blitar, ditandai dengan pemukulan gong. Menurut istri Walikota, agenda festival yang mengelola menu makanan biasa menjadi luar biasa seperti ini perlu dikembangkan ditahun berikutnya. Melalui kegiatan itu para koki bisa mampu menunjukkan kreatifitas mereka dalam menciptakan menu makanan baru.

”Jamur ternyata bisa juga menjadi menu minuman, es jamur”, imbuh Abu.
Dalam kegiatan festival wisata kuliner ini berasal dari asosiasi makanan dan minuman (Aum), dari SMK PGRI 2 Bina wisata, dari PHRI dan dari Kalimasada. Dan kriteria penilaian meliputi rasa, penampilan atau cara penyajian, kreatifitas, keseimbangan gizi dan keselarasan menu. Dan 75 persen makanan harus dari olahan jamur dan 25 persen olahan makanan pembuka, pokok dan penutup. Berdasarkan penilaian tim juri, juara 1 hingga 3 secara berurutan kelompok dari Hotel Tugu Sri Lestari, RM Wisata Jamur dan Gudeg Endang. Juara 1 mendapatkan hadiah TV 21 inchi, juara kedua TV 14 inchi dan juara ketga DVD player.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda