2011/11/25

Ajak Koperasi Wanita Kembangkan Usaha

Para peserta anggota Kopwan saat mengikuti Bimtek.

Selama empat hari, mulai tanggal 23, 24, 28 dan 29 Nopember 2011, Dinas Koperasi dan UKM Daerah Kota Blitar telah mengagendakan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan usaha kopwan, yang diikuti sekitar 120 pengurus, dari 6 kopwan yang memiliki usaha produktif, disalah satu hotel di Jl. Anjasmoro Kota Blitar. Enam kopwan produktif itu adalah, Kopwan Belimbing dari Kelurahan Karangsari, Kopwan Wentar dari Kelurahan Tanjungsari, Kopwan Candra Kirana dari Kelurahan Pakunden, Kopwan Turi dari Kelurahan Turi, Kopwan Dewi Kunthi dari Kelurahan Plosokerep dan Kopwan Srikandi dari Kelurahan Sukorejo.



Drs. Hasnil Purwanto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM daerah Kota Blitar saat dikonfirmasi pasca pembukaan bimtek Rabu (23/11) menjelaskan, tujuan pelaksanaan bimtek untuk memberikan tambahan wawasan bagi pengurus kopwan. Apalagi saat ini masih banyak masyarakat yang beranggapan koperasi hanyalah sebagai tempat simpan pinjam uang. Melalui bimtek ini, akan dijelaskan bahkan diberikan motivasi bagi pengurus agar mampu mengembangkan usaha kopwan, semisal dengan memberikan pinjaman modal bagi anggotanya yang pandai dalam membuat kue. Sehingga ketika ada pengurus atau anggota kopwan yang memiliki hajat seperti yasinan, disarankan memesan pada anggota bersangkutan. Nantinya dari laba penjualan kue, disisakan untuk dimasukkan dalam kas kopwan.


Sementara itu Drs. Mudjiadi, Assisten Pembangunan dan Kesehjahteraan Rakyat Pemerintah Kota Blitar berharap pasca mengikuti bimtek kompetensi para pengurus kopwan di Kota Blitar bisa mampu meningkat. Sehingga ia mampu me-manage kopwan lebih bagus dan berdampak pada peningkatan usaha serta pengembangan jumlah anggota.


Dalam kegiatan Bimtek ini pihak panitia mendatangkan narasumber dari balai latihan koperasi (Balakop) propinsi Jawa Timur.

Sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda