2011/11/11

Tampilkan Cerita Dewi Sekartaji di Amphiteater

Seperti pada lembaga - lembaga sekolah lain yang ada di Kota Blitar, SMPN 2 juga mendapat jatah untuk tampil di amphiteater Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar. Lembaga sekolah yang berada di Jl. Melati Kota Blitar ini akan tampil pada hari Minggu, (13/11). Sekitar 100 seniman pelajar dan guru siap menampilkan seni pertunjukan Padang Bulan. Mengungkap kembali kebiasaan masyarakat Jawa zaman dahulu, ketika bulan purnama digunakan kesempatan untuk bermain bersama dihalaman rumah mereka. Seni pertunjukan ini dikemas dalam bentuk drama tradisional ketoprak.         

Sulaiman, S.Pd, pendamping siswa yang akan tampil di Amphiteater saat dikonfirmasi di kantornya Rabu (9/11) mengatakan, dalam penampilannya mendatang akan mengambil cerita Dewi Sekartaji, berlatar belakang cerita dari Kerajaan Kediri yang didalamnya ada cerita Dewi Sekartaji yang dianiaya oleh ibu tirinya. Apa yang akan ditampilkan merupakan hasil dari pembelajaran ektsra kurikuler bidang seni di sekolah. Sebelum tampil, sejumlah seniman ini telah mempersiapkan diri sekitar satu bulan, dengan latihan hampir setiap hari di Balai Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo. 
Sulaiman berharap, dengan tampil di Amphiteater anak didiknya bisa menunjukkan kebolehan melalui kreatifitas seni. Selain itu juga tertanam rasa percaya diri dan yang terpenting anak-anak paham dan mengerti jika memiliki potensi budaya, terutama kesenian tradisional yang perlu dilestarikan.      
“Sekitar 100 seniman yang akan tampil, sekitar 25 personil sebagai pengrawit, 30 anak pemain drama dan selebihnya penari dan paduan suara,” tambah Sulaiman

sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda