2011/12/15

Wapres Boediono akan buka ASEAN Paragames

Wakil Presiden Boediono dipastikan akan membuka pergelaran ASEAN Paragames VI/2011 di Stadion Manahan Surakarta (Solo), Jawa Tengah, pada 15 Desember mendatang.


Ketua INASPOC, James Tangkudung, usai kegiatan workshop jurnalis peliput APG VI/2011 di Hotel Paragon Solo, Minggu, mengatakan Wapres Boediono akan didampingi Ketua ASEAN Para Sport Federation, Dato Zainal Abu Zairin.

Menurut rencana, kata dia, upacara pembukaan yang megah akan mengawali perjuangan seribuan atlet penyandang disabilitas dari 11 negara yang bertanding mulai 15 hingga 22 Desember 2011.

"Akan ada pertunjukan budaya dari Sabang hingga Merauke yang menjadi kekayaan Indonesia dan ditampilkan oleh seniman Tanah Air," kata dia.

Pesta kembang api, kata dia, juga akan menjadi pemeriah suasana pergelaran pesta olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara itu.

James mengatakan penyelenggaraan ASEAN Paragames di Kota Solo akan menjadi titik permulaan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah berbagai perlombaan bagi atlet difabel bertaraf internasional.

"Datuk Zainal pun menyatakan bahwa Indonesia siap untuk ASEAN Paragames dan `event-event" olah ragalainnya," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, seniman yang ditunjuk menjadi koreografer upacara pembukaan, Denny Malik, mengatakan batik akan menjadi ikon dan nuansa utama upacara yang akan digelar di stadion terbesar di Solo itu.

Upacara yang akan bertemakan "Tetabuhan Gebyar Nusantara" itu akan menampilkan keunikan budaya bangsa dengan bentuk semua "gendhing" (tembang) dari semua jenis alat musik perkusi yang dimiliki Indonesia.

Pembentangan batik sepanjang 500 meter akan ditampilkan oleh 100 penari asli Solo setelah dibuka oleh tokoh ikon wanita ratu dari negeri batik.

Atlet veteran yang pernah meraih medali emas dalam Asia Pasific Paragames, Memet, direncanakan akan menaruh api abadi di Stadion Manahan pada upacara pembukaan mendatang.

sumber :  http://www.antaranews.com

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda