2011/04/11

Ratusan Mustahiq Terima ZIS


Gambar : Ketua umum BAZ Kota Blitar saat mendistribusikan secara simbolis ZIS kepada mustahig.
Selama tri wulan pertama tahun 2011, terhitung mulai bulan Januari, Februari dan bulan Maret 2011,  jumlah zakat yang terkumpul di Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Blitar sekitar Rp.62 juta. Sejumlah zakat yang mayoritas dari Pegawai Negeri Sipil dilingkup pemerintah Kota Blitar di awal tahun 2011 itu dibagikan kepada mustahiq dari kalangan pengusaha kecil di Kota Blitar. Pendistribusian Zakat Infak dan Shodaqoh (ZIS) untuk pemberdayaan ekonomi dluafa’ ini berlangsung di Balai Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Kamis siang, (7/4).

Pendistribusian zakat dibuka dan diberikan secara simbolis oleh H Purnawan Buchori, Wakil Walikota Blitar. Saat dikonfirmasi seusai menyerahkan zakat, Wakil Walikota selaku ketua umum BAZ Kota Blitar saat dikonfirmasi mengatakan, belum semua pegawai negeri di masing-masing SKPD menyalurkan zakat dari gajinya. Untuk itu pihaknya menghimbau agar yang belum zakat untuk segera melakukan zakat. Menyinggung tentang mustahiq, menurutnya sudah sesuai sasaran dari kalangan pengusaha kecil yang ekonominya masih dikalangan menengah kebawah. Diharapkan nantinya usaha mereka bisa berkembang dan bisa merubah mereka menjadi muzaqi atau pemberi zakat.
Sementara itu Drs. H Imam Muhlis, M.Pd, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Blitar saat dikonfirmasi terpisah menyebutkan, sebanyak 155 mustahiq dari kalangan pengusaha kecil, seperti jualan kue, krupuk maupun makanan dan minuman lain yang mendapatkan bantuan dari BAZ. Sebanyak 48 orang dari wilayah Kecamatan Sukorejo, 51 orang dari wilayah Kecamatan Sananwetan dan 56 orang dari Kecamatan Kepanjenkidul. Setiap orang menerima bantuan sebesar Rp. 400 ribu. Pengumpulan dan pendistribusian zakat infaq dan shodaqoh akan terus dilakukan, dengan sasaran yang berbeda, sehingga merata. Diharapkan dengan bantuan yang diberikan, usaha mereka bisa berkembang.(der)

sumber : http://blitarkota.go.id

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda